Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Sabtu, 27 Oktober 2012

Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Jika Handphone Anda Terkena Air


Sangat menyebalkan bila handphone terkena air, karena ada kemungkinan handphone rusak dan harus membeli hp baru.

Seperti yang kita tahu air dan barang elektronika tidak cocok satu sama lain karena sifat air yang menghantarkan listrik. Maka ketika handphone tersiram / tercebur kedalam air, komponen elektronik yang ada di hp dapat mengeluarkan arus pendek yang dapat merusak handphone.
Tapi jika handphone terkena air jangan panik terlebih dahulu, karena ada kemungkinan handphone anda masih bisa diselamatkan bila mengikuti ‘tips jika handphone terkena air’ berikut.
Situs Yahoo News telah melakukan experimen dengan menceburkan 3 handphone kedalam air (Blackberry, Android, dan iPhone) selama 60 detik. Kemudian melakukan langkah – langkah berikut untuk menyelamatkan handphone yang terkena air
Jika Handphone terkena air

1. Jangan hidupkan handphone

Jangan hidupkan handphone
Bila anda menghidupkan handphone dalam keadaan basah akan langsung menimbulkan arus pendek yang merusak komponen didalam hp.

2. Cabut Baterai, Sim Card, dan Memory card

Cabut semua bagian handphone yang dapat dilepas, dan bila handphone anda tercebur / terkena cairan seperti kopi, teh, air laut, dll – rendam dahulu handphone anda kedalam air ataupun cairan alkhohol untuk mencegah karat terjadi di komponen handphone.

3. Keringkan handphone

Keringkan semua bagian handphone dengan mesin kompressor udara atau penghisap udara, tapi jangan dengan hair dryer karena udara panas yang dihasilkan dapat merusak komponen didalam handphone.

4. Taruh handphone didalam beras

Taruh hp dalam beras
Yup, beras. Ambil satu kantung plastik beras kemudian taruh handphone, baterai, memory card kedalam beras sehingga butiran air yang masih tersisa dalam handphone diserap ke butiran-butiran beras. Diamkan handphone didalam beras selama 1-2 hari.

5. Hidupkan handphone

Setelah hp ditaruh dalam beras selama 1-2 hari, pasang kembali semua bagian handphone, lalu charge handphone anda dalam keadaan mati. Setelah itu coba hidupkan handphone anda.
Yahoo News melakukan ‘tips jika handphone terkena air’ diatas dengan hasil yang kurang meyakinkan karena hanya handphone Blackberry yang dapat menyala kembali setelah terkena air, sementara 2 lainnya (Android dan iPhone) tidak dapat menyala sama sekali.
Jadi tips ini tidak dapat menjamin 100% handphone akan menyala kembali setelah tersiram air, semuanya tergantung kondisi handphone, durasi handphone terkena air, dan tentu saja keberuntungan. :)

2 komentar:

  1. wah bermanfaat nih tipsnya,
    ada pengalaman juga pas banjir kemarin, Tv gue kerendem air.
    Cukup di jemur di bawah sinar matahari aja pas lagi terik, dan Alhamdulillah normal lagi :)

    BalasHapus