Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Kalibrasi baterai Android dengan Mugen Power

 

Jika anda sering kali mengganti ROM atau hendak mengganti baterai, mungkin tampilan status baterai berbeda dengan keadaan yang sesungguhnya, hal ini membutuhkan adanya calibrasi pada baterai, sehingga apa yang ditampilkan sesuai dengan kenyataan daya pada baterai, Bagaimana caranya? Apakah kalibrasi itu? Mari kita bahas bersama.

Kalibrasi (calibrate) adalah mengatur / menyesuaikan kembali. Jadi arti teknisnya menyesuaikan kembali dari keadaan yang kurang baik.
Mengapa baterai perlu dikalibrasi ? Kita telah tahu bahwa baterai android itu berjenis Li-ion. Jika kita sering charge baterai padahal baterai masih posisi 20% lagi, berarti 20% dari elektron-elektron sel itu jarang kita pakai, jika lama-lama sel-sel itu tidak dipakai maka sel akan mengalami kejenuhan (saturasi) dan sel akan mati tentunya. Untuk itu perlu adanya penggunaan baterai sampai habis 0% dengan maksud elektron sel tadi itu jadi terpakai dan nanti dicharge lagi supaya sehat.

Gunanya kalibrasi baterai : 
  1. Untuk menyehatkan sel sel yang jarang terpakai sehingga tidak mati karena saturasi.
  2. Agar penunjukan persentase baterai akurat
  3. Untuk menstabilkan kinerja baterai dan health dari baterai jadi stabil.
  4. Untuk mencegah cepatnya baterai drop dan bocor 
  5. Tentunya agar baterai awet dan umurnya panjang.
Nah, daripada anda bosan mendengarkan penjelasan yang panjang lebar, silahkan saja langsung simak langkah langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi Mugen Power pengkalibrasi Baterai ini.

Mugen Power adalah aplikasi untuk mengkalibrasi Baterai, bagi pengguna yang memiliki dua atau lebih baterai untuk telepon mereka. ada 3 profile yang dapat digunakan pada Mugen Power Stock Battery, Mugen Normal Size Battery, dan Mugen Large Size Battery. Aplikasi ini mudah untuk mendapatkan settingan paling baik pada saat telepon dan menggunakan beberapa baterai. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih profil yang didasarkan pada kapasitas baterai yang ingin Anda gunakan.

Download Mugen Power

.: Cara Menggunakan Mugen Power:

  1. Charge Handphone sampai 100%
  2. Buka appnya
  3. Akses Root (Pilih Allow)
  4. Pilih profilenya sesuai dengan ukuran/besaran "Mah" batre :
  5. 1200 Mah/ 1350 Mah pilih profile 1 atau juga bisa profile 2 (profile 1 = Stock Battery dan profile 2 = mugen normal size) untuk 1500 Mah profile no. 1 dan juga bisa profile no. 2
  6. Touch teks calibrator sekali aja (yg ada pada setiap profile/profile yg sudah di pilih)
  7. Cabut colokan charger
  8. Pakai Handphone nya sampai batre 0% (sampai Handphone nya mati sendiri)
  9. Charge kembali Handphone nya sampai 100% dan jangan di interupsi atau jgn di ganggu
  10. Setelah di charge 100% , cabut chargernya dan hidupkan Handphone nya
  11. Dan rasakan perbedaannya.....wus,,wus,,wus..irit bro...
Bagi yang menggunakan app task kiler atau sejenisnya, jangan sampai app ini di kill atau di auto kill oleh app task killer, biarkan app jalan di background supaya app ini bisa menjalankan tugasnya dengan profile yg udah pilih sebelumnya.

App Lebih baik di install d memori Internal.


Jangan menggunakan calibrate lain selain yang ini, yg lain uninstall aja..
Kalau mau melakukan pemindahan profile, selesaikan dulu proses/step2 by step profile yang kita pilih....(step dari no.1 s/d no.9) baru bisa melakukan pemindahan ke profile lain, dan apabila sudah pindah ke profile lain...lakukan juga step by stepnya dari no.1 s/d no.9 jangn main langsung pindah2 profile !!!
                                      

Contohnya: misalkan Handphonenya nya udah di calibrate pakai profile 2 (step2nya udah di selesaikan dari no.1 s/d no.9) udah beres profile 2 nya...terus kita mau pindah ke profile lain...caranya touch ajah profile yg kita inginkan (i want to changes battery)..misalkan akan pindah di profile 1 (stock battery) nanti akan di mintain "matikan Handphone nya kalau mau pindah profile" laksanakan dan matikan Handphone nya dan cabut batrenya terus pasang kembali batrenya dan hidupin Handphone nya...setelah hidup Handphone nya maka profile 1 siap untuk di lakukan calibrate kembali step2nya ulang lagi (step no.1 s/d no.9 di lakukan lagi). Selamat bereksperimen :)

13 komentar:

  1. link-nya ud mati gan.
    tlg di upload lg donk

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. agan admin..kalo udah dikalibrasi..trus nanti kan terasa efek iritnya..apakah aplikasinya tetep harus dirun atau diuninstall boleh? gmn? reply pliz,...

    BalasHapus
  4. menurut saya(setelah baca thread d xda developer), bagian profile tu..
    1. stock battery : tentunya untuk baterai yang hh anda pakai (aslinya), cth na ane : 2100mAh
    2. normal mugen size : size na normal hampir mendekati ke stock, hanya ja baterai dari mugen
    3. large mugen size : yang versi double atau besar, cth na 4800 mAh buat SGS3 dari mugen.

    betul ga broid? minta konfirmasi lebih lanjut. biar pembaca lain tidak di pusingkan.

    BalasHapus
  5. ini berlaku juga untuk tablet gak min?

    BalasHapus