Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Sabtu, 14 Juli 2012

Tutorial Flashing Stock ROM Official Samsung Galaxy Ace

Di artikel ini saya akan jelasin tutorial flashing manual Samsung Galaxy Ace GT-S5830. Kalo dibanding dengan flashing HP SE yang tanpa OS, flashing Android relatif lebih gampang dan cepat. Alasan utama kenapa saya pilih flashing manual, yang pertama, kalo update via Kies itu lama dan perlu koneksi internet stabil, internet udah stabil pun kadang brenti di tengah-tengah. Yang kedua, firmware di Indonesia itu releasenya lama. Mending ngambil firmware dari luar terus flash manual. (Meski resikonya ga bakal ada pilihan bahasa Indonesia)

Di tutorial ini saya nyoba upgrade firmware Ace dari Android 2.3.4 ke 2.3.6. Kebetulan firmware untuk region Indonesia udah keluar.

Perhatian! Penulis tak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam proses flashing ini, resiko ditanggung sendiri! Karena itu, perhatikan baik-baik setiap langkahnya.

Yang dibutuhkan:
Firmware resmi Ace region Indonesia: S5830DXKT5 – XSE
Detail:
PDA: S5830DXKT5
Phone: S5830DXKT4
CSC: S5830OLBKT3
Country/Provider: Indonesia
Version: Android 2.3.6 Gingerbread
Build Date: 2011 December
Download.  
ODIN Multi Downloader v4.38: Dowload.
OPS File: Cooper_v1.0.ops: Download.
PC yang sudah terinstall USB driver atau Kies.
Kabel data Ace.


Persiapan:
Backup data di HP, proses ini tidak menghapus data tapi ada baiknya backup kalau-kalau ada kesalahan atau keluarkan SD Card dari HP.

Langkah-langkah Flashing:
1. Download firmware, Odin dan OPS file. Extract firmware hingga kita dapatkan file berekstensi MD5.
2. Buka Odin.
3. Klik tombol OPS dan pilih file OPS yang tadi sudah di download
4. Check “One Packaged” di option (biarkan Auto reboot dan protect OPS tetap ter-ceklist). Lalu di bagian bawah, tekan tombol One Packaged dan pilih file hasil extract yang berekstensi md5.
Odin
5. Set Ace ke Download mode. Caranya matikan HP, buka batere selama beberapa detik, masukan lagi. Setelah itu tekan Volume Down+Power+Middle button secara bersamaan hingga masuk ke Download mode. Biasanya ada gambar robot android.
Download Mode Galaxy Ace 

6. Colokkan Ace yang sudah dalam Download mode ke PC menggunakan kabel data, setelah itu COM Port Mapping akan berubah jadi warna kuning (lihat gambar di bawah) serta ada keterangan “Added” dalam pesan.
Com Port Mapping - Odin

7. Tekan Start untuk memulai proses flashing.
Proses flashing hanya memakan waktu 4-5 menit. Jika proses selesai maka akan ada tulisan PASS.
Lepaskan Ace dari PC, lakukan factory reset untuk membersihkan semua cache data dan mendapatkan Firmware yang bersih, bisa dengan cara masuk ke Recovery Mode (Tekan Home + Power Button), gunakan tombol volume untuk memilih Wipe Data/ Factory Reset, bisa juga dengan mengetik kode *2767*3855#.
Cek versi Firmware dengan cara mengetik kode *#1234#. Jika sudah ter-update, maka proses flashing berhasil.

Untuk mengecek update firmware terbaru, kunjungi: Samsung Galaxy Ace stock ROM.
Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. Mas bro sya pke costum rom 2.3.7 cyanogenmod trus lw mau upgrade ke fireware 2.3.6 bhs indo klw g pke odin bsa g.

    Thanks banyak sblm ny.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabisa gan,kalo flashing tuh pasti pake ODIN....tanpa ODIN berarti itu bukan Flashing,melainkan Pasang/Install...

      Hapus
  2. This file does not exist, the access to the following file is limited or it has been removed due to infringement of copyright.

    BalasHapus
  3. Gan, punya ane jd ga bs konek WIFI, knp ya?

    BalasHapus
  4. Sama ane juga ga bisa aktif wi-fi nya.. kenapa ya?

    BalasHapus
  5. bug tuh biasanya..
    kadang costum romnya kurang cocok..
    coba aja andro-id

    BalasHapus
  6. gan ANE boleh minta backupan stockrom galaxy ace ente ngga?

    BalasHapus
  7. coba pakai ROM terbaru aja :))

    BalasHapus
  8. gan punya ane ko pas star di flash prosesny ga selesai2 yah
    <1> setup connection...
    lama banget sekitaran 30menitan :(
    apakah ada yng salah??
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  9. oke masbro.... akhirnya bisa jg mengembalikan ke stock rom, thank you maturnuwun masbro

    BalasHapus