Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Minggu, 19 Mei 2013

Tips Menggunakan Multiple User di Tablet Android Jelly Bean 4.2

Tablet dengan Android versi 4.2 support untuk banyak akun (multiple account), penggunaan multiple account ini sama seperti di PC di mana semua data, setingan,  aplikasi atau apapun yang ada di salah satu akun tidak berlaku untuk akun yang lain. Jika dalam menggunakan tablet Anda berbagi dengan orang lian, multiple account ini sangat berguna. Membuat lingkungan privasi sendiri pada setiap akun yang mungkin sering berbagi tablet biasanya adalah orang tua dengan anak. Ini sudah pasti berbeda jauh segal isi tablet antara orang tua dengan anaknya. Multiple user Android ini juga sync ke Google, jadi setiap akun memiliki ID yang berbeda di Google sehingga mengikuti pengaturan dari akun tersebut. Sangat berguna apalagi banyak kejadian saat ini seorang anak yang menggunakan tablet orang tuanya berbelanja aplikasi hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Membuat Multiple Account di Android 4.2
Untuk membuat multiple user Android mulai dengan membuka Setting kemudian tap Option di kategori device. Jika Anda tidak menemukan menu User berarti tablet Anda tidak menjalankan Android 4.2 atau versi di bawahnya. Tab Add User Account di bagian atas kanan layar. Catatan, user pertama diidentifikasi sebagai pemilik tablet Android tersebut, kuasa pengguna pertama bisa menghapus user lainnya.

Anda akan melihat pesan mengenai infromasi tentang pengguna, jika pengguna lain dekat Anda bisa menyuruhnya untuk mengatur akun untuk Google dan pengaturan lainnya. Ini seperti ketika membeli tablet Android baru.


Menggunakan Multiple Account
Bila Anda sudah memilikil akun di tablet Andaroid lebih dari satu bisa terlihat di lockscreen Android. Di bagian bawah layar terdapat akun user yang telah dibuat tadi, tap user yang ingin digunakan dan masuk ke Android seperti biasa. Walau sudah pada salah satu akun, Anda bisa logout lagi dan masuk ke akun yang lainnya. Dalam menggunakan multiple account ini hanya bisa tiga akun yang bisa aktif bersamaan, bila Anda memiliki lebih dari tiga akun pada tablet Android tiga akun terakhir merupakan akun yang aktif, akun yang paling akhir aktif dinonaktifkan secara otomatis oleh Android.
Anda dapat mengubah ikon pengguna, mengelola akun pengguna, mengubah nama, menghapus akun dan lain sebagainya. Atau juga bisa mengatur info pemilik tablet Android ini. Cukup berguna bukan? Cara ini juga berfungsi untuk kantor yang memiliki tablet Android sebagai perangkat untuk mereview atau uji coba aplikasi. Sudah pasti tablet ini banyak penggunanya, dengan ini mungkin terbantu agar data tidak berantakan atau prkerjaan karyawan lain tidak bercampur aduk dengan hal lain.

Bagaimana bila tidak memiliki Android Versi 4.2?
Misalnya tablet Android Anda menjalankan versi 4.1 atau mungkin di bawahnya, apakah Anda tidak bisa menikmati fitur ini? Anda memiliki beberapa pilihan untuk bisa menggunakan multiple user Android, berikut caranya:

- Android 4.1 sebenarnya memiliki fitur multiple account hanya saja disembunyikan. Anda bisa memfungsikannya dengan root access, tetapi disarankan untuk berhati-hati menggunakan opsi yang satu ini karena Google sendiri tidak merekemondasikan penggunaan multiple account untuk Android 4.1. Multiple account pada Android 4.1 merupakan fitur yang tidak selesai dibenahi oleh Google.

- Menggunakan aplikasi SwitchMe untuk mendapatkan fitur multi akun. Malahan aplikasi ini bisa berjalan pada Android 2.1 atau di atasnya, tetapi tablet Anda perlu di-root untuk memfungsikan aplikasi ini. Hanya saja aplikasi ini termasuk ke dalam kategori hack karena sebenarnya tidak ada fitur itu di Android 2.1 atau di atasnya. Ini menyebabkan Android Anda sering restart ketika mengganti akun atau juga berhenti beroperasi ketika Anda melakukan perubahan pada profil Anda atau profil yang lainnya.
 
Sekali lagi disarankan untuk tidak menggunakan trik-trik yang masuk dalam kategori membahayakan tablet Anda sendiri. Daripada menggunakan trik-trik yang beresiko, Anda lebih baik mengintal custum ROM seperti Cyanogenmod yang membawa tablet Anda menjadi Android 4.2. ini lebih aman dan tidak beresiko.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar