Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Kamis, 23 Mei 2013

Tips Singkat Merapikan Tampilan Homescreen di Android

http://imgsrv1.paseban.com/image/public/article/medium/1a22451cc61e38964c77c62082f9f246d2ed3b03fe31e133a44a5559be259e6f.png 

Salah satu kelebihan Androd adalah dalam hal kemudahan mengganti tampilan sesuai dengan keinginan penggunanya. Pengalaman baru penggunaan perangkat Android bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan launcher, suatu tipe aplikasi yang akan membawa Anda untuk bereksperimen dengan mengubah tampilan Android melalui berbagai aplikasi yang ada pada perangkat Android Anda, memasukkan widget pada homescreen, dan mengatur cara-cara Anda berinteraksi dengan ponsel atau tablet Android Anda. Dengan mengaturnya secara tepat, maka Anda tidak hanya akan mendapatkan akses pada informasi dan fungsi secara cepat, tetapi juga merasakan tampilan Android yang lain daripada yang lain sesuai dengan selera Anda.


Launcher, ya, itulah salah satu cara terbaik bagi Anda apabila Anda ingin mengubah tampilan Android Anda terlihat lebih menrik. Apabila Anda telah bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, maka Anda bisa menggunakan aplikasi launcher berdasarkan kenyamanan dan kebutuhan Anda. Setelah Anda menggunakan launcher, Anda bisa mengutak-atik tampilan layar perangkat Android Anda dengan mudah. Sebagai contoh, kita akan menggunakan launcher bernama Nova Launcher yang menawarkan berbagai fitur, fleksibilitas, dan performa mumpuni. Paseban akan memberikan cara mengubah tampilan Android secara umum pada opsi-opsi yang ada, dan Anda dapat menggunakan launcher lain yang disediakan oleh Google Play Store.


1.Wallpaper

Android memberikan Anda kebebasan untuk memilih dua jenis background pada homescreen, yanitu gambar statis dan Live wallpaper yang menjalankan animasi dan beberapa diantaranya dapat merespon pergerakan jari Anda pada layar. Anda dapat memilih wallpaper dan memasangnya pada homescreen dengan tap dan pilih Set As, kemudian Wallpaper. Atau, bisa juga Anda tap dan tahan pada homescreen dan pilih opsi Wallpaper. Untuk mendapatkan wallpaper yang indah dan berseni, Anda bisa mengunduhnya melalui situ-situs seperti PickyWallpapers, atau bisa juga aplikasi seperti Wallbase atau Zedge. Adalah hal yang bagus jika Anda memilih wallpaper yang pas dengan resolusi layar Android Anda.



2.Icon

Jika Anda sering menjalankan suatu aplikasi, Anda dapat menempatkan aplikasi tersebut pada homescreen, agar Anda mendapatkan akses yang cepat dan mudah. Cukup buka App Drawer, kemudian tap dan tahan pada icon aplikasi dan drag pada homescreen yang muncul. Nova launcher akan membawa Anda untuk meng-edit icon aplikasi yang bersangkutan, dengan mengambil icon dari gallery atau icon pack. Selain itu, Anda juga dapat mengelompokkan icon pada suatu folder jika Anda memiliki banyak icon aplikasi pada homescreen. Kebanyakan launcher dapat melakukannya dengan drag suatu icon pada icon lainnya untuk membuat folder, menamainya, dan membuat icon untuk folder tersebut agar tampak rapi.


3.Widget

Anda dapat membuat homescreen perangkat Android agar memuat info dan fungsi yang mudah untuk diakses dengan memanfaatkan widget. Dengan widget, Anda dapat membuka kalender tanpa membuka aplikasi, membaca dan membalas pesan teks, email, serta cepat mendapatkan update dari media sosial yang Anda miliki. Selain itu, Anda bisa mendapatkan fitur ramalan cuaca, mengontrol setting, mendengarkan musik langsung, dan berbagai kemudahan widget lainnya. Anda dapat melakukan hal-hal seperti itu dengan memanfaatkan aplikasi widget seperti Beautiful Widgets, HD Widgets, Widgetsoid, dan lainnya.


4.Dock

Dock Android biasanya memiliki area di bagian bawah layar, yang bisa juga membuat tampilan Android Anda lebih indah. Aplikasi launcher seperti Nova Launcher, akan membawa Anda untuk memasukkan laman icon dock, sehingga Anda dapat bekerja didalamnya dengan baik. Memasukkan icon ke dalam dock memiliki cara yang sama seperti Anda memasukkan aplikasi pada homescreen. Anda dapat memasukkan aplikasi yang penting atau yang sering Anda gunakan, seperti misalnya kamera, contact, Gmail, Chrome, Play Store, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Dengan Nova launcher, Anda dapat mengatur ukuran icon dock, mengatur jumlah icon pada setiap dock, dan seberapa banyak dock yang Anda inginkan.


5.Shortcut
Ini mungkin merupakan salah satu pengaturan tampilan yang paling umum. Shortcut akan membawa Anda untuk membuka apliaksi yang spesifik, tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat memasukkan shortcut untuk mengubungi atau mengirim pesan teks pada seseorang dengan hanya tap pada icon orang tersebut dari homescreen. Contoh lain, Anda juga dapat membuka folder dropbox langsung atau update pada media sosial. Untuk melakukannya, cukup tap dan tahan pada homescreen dan buka menu Shortcut untuk melihat shortcut aplikasi apa yang tersedia untuk Anda. 
Sumber: Paseban

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar