Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Sabtu, 07 Desember 2013

Bersihkan Kerak Aplikasi yang Menumpuk di Internal Memory dengan SD Maid (ROOT)


Ponsel pintar atau Smartphone Android memiliki sistem yang manajemen data yang cukup rumit tetapi memiliki kemampuan yang sangat baik. Beberapa pengguna terkadang terlalu terfokus memikirkan bagaimana menambah kecepatan pada prosesor ataupun pada ram tetapi banyak yang melupakan manajemen data pada sistem, cache dan memori baik internal ataupun external. Di semua smartphone, baik itu Android, Blackberry, Windows dan platform lain, sistem menggunakan manajemen data dengan meletakkan file-file sementara dan file yang berfungsi sebagai cache.

Pada prakteknya, file-file ini terkadang dan tidak hilang karena berbagai alasan. File-file cache saat penggunaan aplikasi juga terkadang tersimpan di SDCard dan masih tersimpan walaupun aplikasi telah diuninstall. File-file ini, jika berjumlah banyak akan mengurangi kecepatan akses atau indexing saat pembacaan data pada memory.

Lalu bagaimana solusinya? Kali ini penulis akan memperkenalkan sebuah aplikasi bernama SD Maid Pro untuk membantu mengatasi hal ini tetapi untuk menggunakannya, smartphone Android kalian harus sudah di-root agar bisa mengakses sistem secara penuh.

Saat kalian membuka aplikasi SD Maid Pro ini, kalian akan menemukan beberapa menu. Menu-menu yang penulis sarankan adalah Corpse Finder, System Cleaner, Duplicates, Biggest Files dan Misc. Menu-menu ini bisa kalian temukan dengan menyapu layar ke kiri atau ke kanan layar.

1.
Corpse Finder.

Fitur ini berfungsi untuk membersihkan file-file sampah yang tidak berguna. Saat kalian memilih refresh, sistem akan mencari file-file dan folder yang dianggap tidak memiliki korelasi atau link. Artinya file-file tersebut tidak digunakan oleh aplikasi atau game. Kalian bisa menghapus file dan folder tersebut secara manual. Jika kalian merasa folder itu kalian butuhkan, kalian bisa membiarkannya tetap di memori. Hal ini biasanya berupa file data game yang walaupun gamenya telah kalian hapus, kalian mungkin mempertimbangkan untuk mempertahankannya di memori, terutama SDCard.

2. System Cleaner.

Fitur ini sangat berguna sekali untuk membersihkan sistem utama smartphone Android kalian. Sistem secara otomatis akan menampilkan file-file yang dianggap cukup aman untuk dihapus. File-file ini bukanlah file utama sistem tetapi adalah file-file cache yang dibentuk seiring aplikasi berjalan. Misalnya thumbnail gambar untuk galeri. Penulis pribadi menemukan file lost.dir di SDCard penulis telah membengkak ukurannya menjadi 500 MB lebih. File ini terbentuk semenjak pemakaian SDCard ini dari dua tahun lalu di beberapa ponsel Android penulis sebelumnya. Jadi ada baiknya untuk melakukan pengecekan rutin untuk sistem dan SDCard kalian dengan aplikasi ini.

3.
Duplicates.

Fitur ini, sesuai namanya akan mencari file-file dengan nama sama tetapi terletak pada direktori berbeda. Jadi kalian bisa menghapus salah satunya untuk melepaskan sejumlah memori.

4.
Biggest Files.

Fitur ini menyusun semua file dan folder di ponsel kalian dan memperlihatkan file besar yang ada di SDCard kalian. Dengan mudah kalian akan melihat file besar tersebut yang mungkin kalian lupa akan keberadaannya atau mungkin memang tidak kalian ketahui sebelumnya.

5.
Misc > Optimize DBs.

Ini adalah fitur paling penting pada aplikasi ini dan harus kalian lakukan setelah memilih menu-menu sebelumnya. Setelah acara bersih-bersih data, maka fitur ini kalian gunakan untuk menyusun ulang data-data memori dengan menggunakan bahasa perintah SQL. Semua proses berjalan otomatis. Jika data cukup banyak, proses ini akan memakan waktu beberapa menit. Pada ponsel penulis sekitar 2 menit (System 512MB, Internal 4GB, SDCard 8GB). Proses ini hanya berjalan pada system jadi tidak akan berjalan begitu lama. Proses ini hampir mirip dengan proses defragment kemudian indexing pada sistem Windows. Jadi sistem akan melepaskan alokasi-alokasi memori yang tidak dibutuhkan dan menyusunnya kembali dengan ukuran dan letak yang maksimal sehingga mempercepat proses membaca data pada sistem.
Download SD Maid disini
 
Catatan : 

Perawatan-perawatan kecil seperti ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk Smartphone kepenulisngan kalian. Jika kalian merawat smartphone Android kalian dengan rutin, misalnya sebulan sekali menggunakan aplikasi ini, tentunya akan memberikan kinerja  yang maksimal dan mempertahankan daya tahan ponsel kalian untuk penggunaan jangka panjang. Tetapi tetaplah bijak dan berhati-hati menggunakan aplikasi-aplikasi dengan jenis ini karena aksesnya ke sistem secara penuh, mengharuskan kita waspada dalam penggunaannya.

Sumber: VirgaPlace

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar