Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Minggu, 18 Agustus 2013

Rayakan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus dengan Game Panjat Pinang Karya Anak Bangsa

Anak bangsa tidak kalah kreatif dengan developer-developer game internasional. Banyak game karya-karya lokal yang mampu menarik perhatian pengguna gadget. Salah satunya adalah game asli Indonesia  Panjat Pinang yang diciptakan STMIK AMIKOM Yogyakarta. Mereka tergabung di Amikom Game Dev (AGD) yang sebelumnya juga pernah merilis Fun game Android Jumping Granny yang kurang mendapat respon yang positif dari pengguna Android. Namun pada game kedua, Panjat Pinang mampu menjadi Top New Free pada Google Play. Cukup membanggakan game lokal bisa menjadi salah satu game terfavorit Google Play. Dengan tim delapan orang yang keseluruahnnya masih berstatus mahasiswa menciptakan game yang cukup menarik. Dalam dua minggu sudah ada 100.000 orang yang mendownload. Padahal Fauzi Arif Arnami produser game ini mengaku baru pertama kali ini membuat game.


Seperti judulnya, game asli Indonesia ini bertemakan panjat pinang yang biasa dilakukan ketika merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Dan memang game ini ditujukan untuk memperingati Hari kemerdekaan Bedanya dengan panjat pinang aslinya, Game Panjat Pinang ini hanya ada satu orang saja yang berusaha memanjat batang pinang sedangkan aslinya panjat pinang dilakukan pertim yang berjumlah 6-8 orang. Namun konsepnya tetap sama, harus berusaha mencapai puncak untuk mengambil hadiah yang digantung di pohon pinang. Selagi memanjat pohon pinang yang licin kita juga diberi tantangan untuk mengelak dari jatuhan barang-barang yang berasal dari ujung pohon pinang. Bila terkena ketinggian kita akan berkurang dan harus memanjat kembali, yang pasti akan memakan waktu lebih lama lagi dan mengurangi skor yang kita peroleh.


Pada Game Fun Android ini, hanya ada tiga tombol control yaitu atas untuk memanjat dan kiri-kanan untuk mengelak dari jatuhan barang-barang hadiah yang digantung di pohon pinang. Kedua tangan kita harus digunakan untuk memainkannya. semakin cepat kita mencapai puncak akan semakin tinggi pula score yang kita peroleh. Agar game ini semakin seru dan bisa bersaing dengan pemain-pemain lain, developer memberikan Panjat Pinang Leaderboard agar pemain bisa mengupload score-score mereka. Klik link berikut untuk melihat score para pemain game panjat pinang.




Namun begitu masih ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi pada game ini. Yang cukup menonjol adalah grafiknya yang terkesan kasar dan seadanya. Grafik merupakan salah satu daya tarik terbesar dari sebuah game karena kita bakal mantengin game tersebut untuk waktu yang lama. Jadi, desain tidak bisa dibuat seadanya saja. Selain itu juga kurang responsifnya tombol yang disediakan. Padahal pemain perlu menekan cepat-cepat tombol up untuk dapat cepat sampai pada puncak pinang. Bila kecepatan yang dibutuhkan dan tombol yang digunakan kurang responsif maka ada juga kecenderungan pemain akan mengetuk tombol tersebut dengan keras, ini juga harus diperhitungkan. Hal-hal ini menjadi keluhan bagi yang sudah memainkan game karya anak bangsa ini.


Masalah lain yaitu level, Tidak ada tingkat kesulitan pada game ini, Anda hanya dituntut untuk menyelesaikan memanjat pinang dengan secepat-cepatnya. Dan satu lagi yang menjadi keluhan beberapa orang yang sudah bermain Panjat Pinang, barang-barang yang jatuh dari atas pohon pinang bisa dihafal, kita bisa ingat kapan harus mengelak dan kemana harus mengelak. Namun, untuk game produksi lokal karya mahasiswa ini sudah tergolong bagus. Dengan Game yang seperti ini mampu menyita perhatian pengguna Android untuk memainkan game ini. Sampai pada tanggal 2 September 2012 ada 20801 yang mengupload score Panjat pinang mereka ke Leaderboard. Game ini juga bagus sebagai sarana memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke internasional karena panjat pinang memang Indonesia sekali.

Bila Anda tertarik dengan game lokal yang satu ini, bisa di download secara gratis di Google Play. Atau klik link ini. Karena kesuksesan game Panjat Pinang, AGD lebih bersemangat lagi membuat game-game baru untuk platform Android yang direncanakan akan rilis bulan Oktober mendatang. Alasan mereka memilih Android bukan hanya karena Android yang open source namun mereka menganggap platform ini memang bagus. Kita berharap anak muda Indonesia terus berkarya dan mampu bersaing dengan developer-developer game internasional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar