Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Jumat, 19 April 2013

[REVIEW] Sony Xperia Z, Si Cantik Berteknologi Tinggi yang Bisa Diajak Basah-Basahan (PART 1)



Hello sobat droiders, kali ini kita kedatangan tamu penting di basecamp @DroidUNJ yang siap menjadi jagoan dalam perang smartphone Full HD 2013. Who is that? Tidak lain dan tidak bukan adalah Xperia Z, yang merupakan artileri terbaru dan merupakan flagship andalan vendor dari pabrikan Jepang, SONY. Gue jamin 99,9% anak Android tau banget yang namanya Xperia Z, karena gejet mutakhir ini sempat dikenalkan ke public dunia di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013 di Las Vegas pada awal tahun ini. Bahkan Xperia Z juga sempat dinobatkan sebagai “Best Smartphone” di ajang tahunan tersebut. Gokil ngga? Emang. Well, Xperia Z adalah amunisi terbaru SONY yang siap bangkit di tahun 2013  karena sebelumnya sempat terseok-seok melawan dominasi vendor Android lain. Dengan Xperia Z, SONY membuktikan mahakarya kelas dunia yang ngga pantes lagi disebut smartphone. It’s not smartphone, because it’s SUPERPHONE!!
 SonyXperia Z versi Limited Edition packagingnya kayak gini nih. Hanya untuk pembeli Pre-Order dan Buzzer
#Dimensi Fisik (Look and Feel)
Okay, udah ngga sabar kan mau tau spesifikasi & daleman dari Xperia Z? Mari kita mulai dari dimensi fisik dulu. Kenapa dimensi fisik? Karena ini merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen/pengguna dengan matanya. Ya ibarat nyari gebetan buat dijadiin pacar, faktor pertama yang dilihat kebanyakan dari faktor fisik kan? Dan SONY lagi-lagi berhasil memikat daya visual manusia dengan Xperia Z-nya.
Cantik, itulah kata pertama yang keluar dari mulut gue. SONY Xperia Z memiliki body yang agak panjang,
sekitar 13.9 cm dan lebar 7.1cm. Dimensi ini lumayan “Big & Wide”, mengingat Xperia Z telah mengikuti tren gejet 2013, yaitu layar 5”. Body boleh bongsor, tapi gimana dengan ketebalannya? Xperia Z cukup seksi dengan ketebalan yang hanya 0.79cm! Tipis banget ya!
Meskipun bukan smartphone tertipis di dunia (karena ada yang ketebalannya kurang dari 0.7cm), tapi ya cukup nyaman kok dipegang. Lagian seperti yang pernah gue bilang di Twitter, apalah arti smartphone Android dengan body tipis tapi masih ada PowerBank dibelakangnya? 

 Ketebalan Sony Xperia Z yang hanya 7.9mm menjadikannya salah satu

smartphone Full HD tertipis di dunia

Lantas dengan dimensi fisik segitu, kira-kira berapa berat badan (kayak mau ditimbang di Posyandu) Xperia Z? Kalo gue cek di situs GSM Arena, Xperia Z ngga berat-berat amat sebagai smartphone 5”, bisa dibilang ringan banget untuk kelasnya, yaitu 146 gram. Desain Xperia Z masih berkiblat dengan Xperia series lainnya, kotak dengan sisi-sisi yang tegas namun tidak kaku karena keempat titik ujungnya berbentuk membulat (rounded) tanpa sudut yang halus. Inilah konsep desain baru Sony di Xperia Z yang disebut OmniBalance. Kesan hotel bintang lima banget ini hape!!

  
 Bagian depan Sony Xperia Z tanpa tombol navigasi fisik
Yang membuat SONY Xperia Z berbeda dengan gejet 5” lainnya adalah kemampuan untuk bertahan dari serangan air dan debu. Yaps, Xperia Z telah dibekali sertifikasi IP55 dan IP57 dimana gejet ini sanggup bertahan (hidup) di air dengan kedalaman 1M selama 30 menit. Xperia Z bukan yang pertama sebagai Xperia series tahan air dan debu, karena sebelumnya SONY juga rajin produksi gejet outdoor seperti Active, Go, Acro S dan yang sempet lahir duluan dari Xperia Z yaitu Xperia V. Semua port yang ada di sekeliling body Xperia Z (microUSB, jack earphone, microSIM, microSD) memiliki penutup yang cukup rapat sehingga gak perlu khawatir kalo sewaktu-waktu kebasahan atau nyemplung ke air sekaligus.
https://pbs.twimg.com/media/BH5S4A5CMAAXA1o.jpg 
Port-port penting Xperia Z dibekali penutup khusus sehingga air tidak dapat masuk ke dalam
Gue sempet coba “rendem” Xperia Z ke dalam air, dan hasilnya? Meski sempet deg-degan harus ngajak berenang si Xperia Z, dan ternyata gejet ini tetap hidup, gak ada kerusakan sama sekali (jangan coba adegan ini kalo smartphone-mu bukan anti air). Meskipun pada saat berada di dalam air, kita tidak dapat mengoperasikan layar sentuhnya.  Alhasil, ini gejet setia banget sama kita saat  diajak ke  alam darat maupun air. Ya bisa dibilang spesies AMPHIBI. Kalau diajak mandi bareng, ujan-ujanan, atau banjir, Xperia Z cukup bikin orang-orang di sekitarmu bilang “WOW”.  Inilah strategi SONY untuk masuk ke medan tempur smartphone 5” dengan berbekal kemampuan outdoor (water-dust proof) yang menjanjikan. Salute!
https://pbs.twimg.com/media/BH5RTAvCQAM_Z3U.jpg
 Sampai saat ini, ketangguhan anti air dan debu di smartphone Full HD hanya dimiliki oleh Sony Xperia Z.Salute!
Keseeluruhan body SONY Xperia Z dilapisi oleh bahan mineral glass yang bersifat antigores, Mungkin ini yang membuat Xperia Z terasa ringan namun tetap rigid. Kalo ngintip dari blognya SONY, sisi depan dan belakang Xperia Z dilapisi layar superkuat buatan Asahi, yaitu DragonTrail. What? Mengapa tidak memakai Corning Gorilla Glass? Mungkin hanya SONY yang tahu, tapi kalo dilihat dari tes perbandingan, DragonTrail buatan Asahi enam kali lebih kuat dari Corning Gorilla Glass. FYI, kedua sisi (depan belakang) Xperia Z bisa dipakai buat ngaca loh, jadi kayaknya buat para wanita ngga perlu lagi bawa kaca kalo udah punya si Z. Sedangkan kerangka/tulang #Xperia Z dibuat dari serat poliamida, bahan yang sama digunakan sebagai pengganti besi di suku cadang mobil. Oh My GOD, ini beneran hape kan? 
 Dua kaca "durable tempered glass" melindung sisi depan Sony XperiaZ

 Depan-belakang Sony XperiaZ bersifat reflektif, so bisa buat ngaca~
Sekarang kita beralih ke port dan tombol-tombol yang mengelilingi body Xperia Z. Seperti gejet Android pada umumnya, di Xperia Z terdapat port MIcroUSB (untuk sarana transfer data via PC & charging); jack earphone universal 3.5mm; port MIcroSD dan port MicroSIM Card. yang lagi naik daun akhir-akhir ini. Semua port ini dibekali semacam penutup yang sangat rapat sehingga tidak memungkinkan air untuk masuk ke dalam komponen. Hanya ada 3 tombol fisik yang hinggap di badan Xperia Z yakni Power Button & Volume Up-Down Button. Semenjak era Android ICS keatas, beberapa vendor udah mulai menghilangkan tombol navigasi fisik dan diganti dengan navigation bar button virtual di bawah layar seperti Back, Home and Recent Task. Oh ya, di sisi kira bawah juga ada lubang speaker yang mungil namun suara yang dihasilkan cukup menggelegar. Mungkin berkat teknologi XLoud & Clear Audio+ yang telah ditanamkan di semua keluarga SONY Walkman terbaru. Amazing!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar