Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Senin, 22 April 2013

Tips Trick Gampang Bikin Effect Foto HDR di Android

 
HDR merupakan kependekan dari High Dynamic Range. HDR adalah suatu keadaan atau proses pembuatan foto yang memiliki rentang dynamic range cukup besar. Atau secara sederhana HDR dapat dikatakan sebagai gambar atau foto yang memiliki perbedaan terang dan gelap yang sangat besar, hal tersebut sering disebut sebagai rentang exposure dinamis. Tentu sudah tak asing lagi bagi Anda untuk mengedit foto, khususnya pada smartphone Anda. Entah itu mengedit secara langsung pada smartphone Anda atau menggunakan aplikasi yang Anda dapatkan dari Android Market atau App Store. Kali ini akan kami bagikan kepada Anda tips dan trik untuk membuat efek foto pada gambar yang diambil dari kamera Android Anda agar mendapatkan efek HDR.

Namun sebelum memulai tipsnya, apakah efek HDR itu? HDR merupakan kependekan dari High Dynamic Range. HDR adalah suatu keadaan atau proses pembuatan foto yang memiliki rentang dynamic range cukup besar. Atau secara sederhana HDR dapat dikatakan sebagai gambar atau foto yang memiliki perbedaan terang dan gelap yang sangat besar, hal tersebut sering disebut sebagai rentang exposure dinamis.

Tujuan dari membuat efek foto HDR ini adalah memunculkan pola-pola unik pada gambar atau foto Anda. Seperti ombak yang bergulung-gulung, awan yang berbaris atau tekstur gambar lain akan terlihat lebih jelas. Dalam melakukan proses HDR, biasanya para fotografer menggunakan tiga cara, yaitu multi exposure, merge, dan tone map. Tiga cara ini dilakukan dengan editing tool di PC seperti photoshop.
  • Multi exposure, akan membuat beberapa foto yang sama tetapu exposure-nya berbeda.
  • Merge, menggabungkan beberapa foto dengan merge HDR
  • Tone map, melakukan tone map terhadap gabungannya untuk mengatur gelap atau terangnya
Namun tidak semua gambar dapat Anda jadikan HDR. File gambar yang dapat Anda jadikan HDR nantinya adalah gambar dengan keadaan yang mengandung perbedaan gelap dan terang yang cukup besar. Keadaan tersebut dapat Anda dapatkan hanya pada siang hari saja, namun pada malam hari Anda juga dapat dengan mudah mendapatkannya.
Dengan smartphone, Anda dapat membuat foto dengan efek HDR. Seperti sekarang di Play Store banyak sekali aplikasi pendukung untuk membuat foto HDR. Untuk post processing images atau pengolahan yang telah ada di dalam sdcard Anda dapat menggunakan Camera Zome FX, Pro HDR Camera, HDR Camera, atau PicSay. Sedangkan untuk In Camera Processing atau proses pengolahan yang dilakukan setelah objek gambar tersebut diambil dari kamera dapat menggunakan Camera360 Ultimate. Kali ini akan dilakukan editing dengan menggunakan PicSay dan Camera 360 Ultimate.
Langkah-langkah melakukan editing efek HDR menggunakan PicSay.

  1. Buka aplikasi PicSay. Bila Anda belum menginstalnya, Anda dapat mengunduhnya di sini.
  2. Pilihlah gambar atau foto yang akan Anda jadikan HDR
  3. Setelah memilih gambar, pilihlah menu effect pada bagian bawah gambar
  4. Kemudian Anda dapat memilih efek Faux HDR
  5. Anda dapat mengatur HDR dengan menggunakan slider yang ada di bawah gambar hingga Anda mendapatkan gambar yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika telah selesai, pilih gambar centang yang ada di pojok kanan atas.
  6. Lalu Anda dapat mengatur contrast agar tone gelap dan terang pada gambar dapat terlihat lebih jelas dengan cara memilih menu Adjust. Pengaturannya sama seperti pada nomer 5 yaitu mengaturnya pada slider di bawah gambar.
  7. Bila tekstur warna yang dihasilkan masih Anda rasa kurang, Anda bisa mengatur rentang warna RGB untuk menonjolkan warnanya.
  8. Jika gambar sudah sesuai dengan harapan Anda, Anda dapat menyimpannya di SDCard dengan memilih menu export kemudian pilih Save Picture to Album, dan pilih albumnya.
Langkah-langkah mengambil gambar HDR dengan Camera360 Ultimate.
  1. Buka aplikasi Camera360 Ultimate. Bila Anda belum menginstallnya, Anda dapat mengunduhnya di sini.
  2. Pilih gambar tongkat wizard yang ada di sebelah kanan layar untuk memilih efek
  3. Kemudian pilih HDR
  4. Anda dapat mulai mengambil gambar. Jika gambar telah diambil, maka akan muncul beberapa pilihan efek HDR yang telah disediakan. Pilihlah sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Jika telah selesai, pilih Save dan Done.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar