Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Rabu, 05 September 2012

Cara Mengatasi Masalah "Error (403)" Saat Download Aplikasi di Play Store



Handphone Android rasanya kurang lengkap bila tidak dapat mengakses atau menggunakan fitur Android Market atau Google Play. Karena fitur tersebut adalah salah satu faktor yang membuat ponsel Android menjadi menarik. Beberapa hari terakhir ini ada beberapa pertanyaan yang masuk ke Twitter DroidUNJ menanyakan bagaimana cara mengatasi could not be downloaded due to an error. (403) atau kondisi dimana pengguna tidak dapat melakukan download aplikasi melalui Market / Play store atau sering disebut kesalahan (403) / galat (403) Play store.

Penyebab galat di android market / Play Store saat mencoba mengunduh atau install aplikasi bisa disebabkan beberapa hal, misalnya koneksi internet yang kurang stabil, salah settingan APN (Access Point Names), kesalahan settingan proxy atau bisa juga faktor penyebab lainnya. Untuk mengatasi could not be downloaded due to an error (403) ada beberapa cara yang bisa dicoba, yaitu:

Cara #1: Aktifkan Airplane Mode
Untuk mengaktifkan airplane mode Android (modus pesawat udara) caranya saat ada di layar utama (HP menyala) > tekan dan tahan tombol on/off selama beberapa detik, tunggu sampai muncul pop up menu > klik Airplane Mode > tunggu sampai indikator sinyal berubah menjadi gambar pesawat.
could not be downloaded due to an error (403)
Aktifkan Airplane Mode


Setelah itu non aktifkan kembali Airplane Mode dengan cara yang sama seperti mengaktifkannya > tunggu beberapa saat sampai hp mendapatkan sinyal telepon dan internet yang ditandai dengan munculnya huruf G atau E atau H atau 3G dinotification bar.
Jika sudah didapat sinyal internet, coba buka kembali Android Market atau Google Play. Jika masih muncul Play Store Galat (403), silahkan mencoba cara yang lain.
Cara #2: Hapus Search History
Cara yang kedua ini memang belum tentu dapat mengatasi galat 403 pada saat mengunduh aplikasi Android, tapi tidak ada salahnya dicoba karena mudah. Yang harus Anda lakukan adalah membuka Market atau Google Play Store > Tekan tombol MENU > klik Settings (pengaturan) > klik Clear Search History (hapus riwayat pencarian).
Cara #3: Hapus Settingan Proxy di pengaturan internet dan MMS
Berikut caranya:
1.      Pergi ke halaman utama dengan cara menekan tombol HOME
2.      Tekan tombol MENU lalu klik Settings (pengaturan)
3.      Klik Wireless & Netowrks (nirkabel dan jaringan)
4.      Klik Mobile Networks (jaringan seluler / telepon)
5.      Klik Access Point Namers (Nama Akses Point atau Nama Titik Akses)
6.      Klik pada nama APN Internet / MMS yang digunakan saat ini
7.      Pada bagian Proxy, atur ke “Not Set” Atau kosongkan.
8.      Tekan tombol MENU > klik save (simpan)

cara mengatasi galat 403 instalasi aplikasi android
Hapus Settingan Proxy Internet
Cara #4: Gunakan APN alternatif
Biasanya operator telepon memiliki dua atau lebih APN (Access Point Names) yang bisa digunakan. Misalnya untuk operator Three memiliki APN 3gprs dan 3data, operator Mentari/IM3 memiliki APN indosatgprs dan indosat3g, Telkomsel memiliki APN telkomsel dan internet sedangkan XL memiliki APN www.xlgprs.net dan xlunlimited.
Jadi misalkan Anda saat ini sedang menggunakan APN 3gprs, coba ganti APN menjadi 3data atau sebaliknya. atau jika sedang menggunakan APN indosat3g, coba ganti menjadi indosat gprs, dll. Berdasarkan pengalaman pribadi hal ini cukup ampuh mengatasi android galat kesalahan 403 market.
Yang perlu diperhatikan bagi Anda yang sudah berlangganan paket internet adalah; sebelum mengganti APN, ada baiknya Anda menghubungi call center operator telepon untuk memastikan bahwa penggantian APN tidak menyebabkan paket internet Anda menjadi tidak dapat digunakan lagi atau terjadi kondisi dimana anda sudah menggunakan paket internet namun pulsa tetap terpotong.

Cara #5: sabar menunggu
Ada kalanya kesalahan (403) disebabkan adanya gangguan sinyal atau kondisi jaringan yang kurang baik. Bila keempat cara diatas tidak ada yang berhasil, maka cobalah biarkan beberapa saat, jangan mengakses Play Store terlebih dahulu. Terkadang, masalah ini dapat teratasi dengan sendirinya karena penyebab dari kondisi ini bisa jadi bukan handphone Anda atau settingan yang salah, namun bisa juga disebabkan dari jaringan internet operator telepon yang digunakan.
Demikian informasi cara mengatasi error atau galat (403) pada Android Market atau Google Play Store. Semoga salah satu cara diatas ada yang berhasil diterapkan pada handphone / tablet Anda. Terima Kasih Description: :)

1 komentar:

  1. Thank's atas tips nya.
    Bagaimana mengatasi/mensiasati error (405) ?

    Thank's

    Eddo75yelnats

    BalasHapus