Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Minggu, 30 September 2012

Trik Mengatasi Masalah "There is insufficient space on the device" di Android


Salah satu penyakit dari Android Market versi terbaru adalah munculnya pesan There is insufficient space on the device saat menginstall atau mengupdate aplikasi. Padahal jika ditilik, memory yang tersedia padadroid devices milik kita sangatlah mencukupi. Hal itu terjadi –selain akibat dari bug aplikasi Market–  karena keterbatasan partisi cacheyang disediakan. Cara mengatasinya adalah dengan memindahkan partisi cache ke internal SD yang dimiliki.
Berikut adalah cara yang paling mudah untuk melakukan hal tersebut.Kebutuhan:
  1. Android devices yang sudah di root (Baca tutorial rooting disini)
  2. Menginstall aplikasi Script Manager yang bisa didapat dari market.
  3. Donwload shell script movingcache.sh disini
Langkah-langkah:

  1. Simpan shell script movingcache.sh yang telah didownload pada tablet atau smartphone (bisa di internal memory atau di SD card).
  2. Buat direktory dengan nama /cache/cachesystem di SD Card
  3. Eksekusi shell script movingcache.sh dari aplikasi Script Manager. Pilih shell script movingcache.sh dan tahan hingga muncul menu. Pilih Open As, lalu pilih Script/Executable. Aktifkan opsi SU (sehingga berwarna hijau) dan klik Run.



















Jika ketiga langkah diatas dilakukan dengan benar, maka droid anda saat ini sudah tidak lagi memiliki masalah saat menginstall atau mengupdate aplikasi dari market. Namun saat reboot dilakukan, Android akan mengembalikan cache ke lokasi semula dan tentu masalah akan kembali muncul. Cara mengatasinya adalah dengan selalu mengeksekusi shell script movingcache.sh tersebut setiap reboot dilakukan; atau dengan membuat shell script tersebut otomatis di eksekusi setiap reboot dilakukan.

Agar shell script movingcache.sh secara otomatis dieksekusi setiap kali reboot dilakukan, caranya sangat dengan menandai script tersebut sebagai script boot menggunakan Script Manager. Pada langkah ke-2 diatas, aktifkan opsi Boot (sehingga berwarna biru). Dengan cara ini, pemanggilan shell script tersebut tidak perlu dilakukan setiap kali reboot. Selamat mencoba :)

1 komentar: