Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Kamis, 04 Juli 2013

Mengatasi Error 498 (Kesalahan Mengunduh 498) di Google Play Store

Error 498 atau kesalahan mengunduh 498 terkadang diikuti dengan peringatan “Small Cache Capacity” atau “Not Enough Space” saat melakukan download aplikasi. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?
 
Penyebab error 498:
Hal ini disebabkan karena aplikasi atau game yang ingin Anda download dari Google Play Store ukurannya lebih besar dari cache partition perangkat Android milik Anda, walaupun memori internal maupun memori eksternal Anda masih lega.
Cache Partition adalah bagian memori internal handphone yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari aplikasi atau game yang  terinstall (atau dalam hal ini yang akan diinstall). Kesalahan / galat mengunduh 498 biasanya terjadi ketika mendownload aplikasi yang ukurannya diatas 20 MB.
Apabila penasaran dan ingin mengtahui berapa besar ukuran Cache Partition handphone / tablet Android, Anda dapat menginstall aplikasi Partition Table. Berikut screenshot aplikasi tersebut:
mengatasi error 498 google play store
Seperti terlihat diatas, besar Cache Partition HP Android saya adalah sebesar 490,2 MB. Dengan partisi cache sebesar itu saya tidak pernah mengalami error 498. Kalau HP milik Anda besar cache-nya dibawah 20 MB, maka kemungkinan besar suatu saat Anda akan mengalami kesalahan kesalahan 498.
Anyway, kalau Anda berpikir bahwa hp saya adalah hp mahalan sehingga memiliki ukuran Cache yang besar, maka Anda salah. Ponsel milik saya adalah ponsel Android lokal dengan harga dibawah 1,5 juta dan kenyataanya kejadian Error 498 sering terjadi pada handphone Android keluaran merk terkenal dengan harga yang tidak murah.

Cara mengatasi kesalahan mengunduh 498

Cara Pertama: Hapus cache secara manual

Karena permasalahan ini berhubungan dengan cache partition yang kecil, maka untuk mengatasinya bisa dengan cara menghapus cache dari aplikasi-aplikasi yang terinstall.
Apa itu Cache?
Cache adalah memori sementara yang berguna agar sebuah aplikasi dapat lebih cepat untuk di akses kembali. Misalnya Anda membuka aplikasi Angry Birds, maka ketika aplikasi diaktifkan pertama kali, cache akan terbangun. Fungsinya agar ketika Anda ingin memainkan aplikasi tersebut untuk kedua kalinya dan seterusnya, Loading-nya tidak akan selama saat pertama kali aplikasi diaktifkan.
Apakah menghapus Cache aman dilakukan?
Berdasar pengalaman pribadi, menghapus cache aman dilakukan dan tidak ada efek sampingnya. Namun sebelum Anda melakukannya, tetap saja saya akan mengatakan DWYOR (Do With Your Own Risk) alias resiko ditanggung sendiri :D Menghapus cache tidak akan membawa efek buruk apa-apa. Pengaruh yang dirasakan hanyalah ketika akan membuka suatu aplikasi maka akan sedikit lebih lambat, namun hanya untuk pertama kali saja dan malah terkadang tidak dirasakan perbedaannya.
Berikut Cara menghapus cache aplikasi:
Sistem Operasi Gingerbread (2.3) kebawah :
  1. Buka Setting (pengaturan)
  2. Klik Applications (Aplikasi)
  3. Klik Manage Applications (Atur aplikasi)
  4. Klik tab “All” (Semua). Bila tidak ada Tab “All”, lewati langkah ini.
  5. Cari aplikasi yang ingin dihapus cache/data-nya
  6. Klik Clear Cache (hapus cache)
Sistem Operasi Ice Cream Sandwich (4.0) keatas:
  1. Dari halaman muka tekan tombol MENU > klik Manage Apps (atur aplikasi). Atau buka “Settings” (pengaturan) > Klik “Apps” (aplikasi)
  2. Cari aplikasi yang ingin dihapus cache-nya > Click  Clear Cache (Hapus cache)
Aplikasi yang umumnya banyak menggunakan Cache adalah: Google Play Store, Facebook, Instagram, dan game seperti Angry Birds, dsb. Jadi bersihkan cache aplikasi-aplikasi tersebut. Berikut adalah screenshoot cache aplikasi Angry Birds
mengatasi kesalahan mengunduh 498 android
Peringatan: Hanya klik “Clear Cache” aplikasi, JANGAN klik “Clear Data” karena akan menghapus data aplikasi tersebut, misalnya kalau Anda mengklik “Clear Data” game Angry Birds, maka datanya akan terhapus (akan mulai dari awal lagi).

Cara Kedua: Gunakan Aplikasi Cache Fixer

Aplikasi ini berguna untuk menghapus semua cache aplikasi secara bersamaan dan juga berguna untuk memindahkan sementara ke tmpfs (RAM/SWAP memory) atau ke memori data.
Persyaratan untuk menggunakan aplikasi ini:
  1. Handphone atau tablet Android Anda sudah di root dan memiliki aplikasi SuperUser. (baca: apa itu root Android)
  2. Terinstall BusyBox terbaru
  3. Kapasitas memori internal yang tersedia atau dapat digunakan minimal 32 MB.
Sebelum Anda menginstall aplikasi ini, saya perlu mengingatkan bahwa aplikasi ini memiliki akses root sehingga memiliki kemampuan untuk merubah file system dan sebagaimana aplikasi root lainnya, penggunaan aplikasi ini kemungkinan dapat menyebabkan perangkat Android Anda mengalami masalah, misalnya tidak mau start / masuk ke menu dan harus dilakukan penginstalan ulang firmware. Saya tidak ingin menakut-nakuti namun hanya mengingatkan akan resiko yang mungkin dapat terjadi (walau kemungkinannya kecil).
Berikut tampilan aplikasi Cache Fixer buatan REDE:
mengatasi galat 498 google android
Untuk cara penggunaannya sebagai berikut:
Tahap 1:
  1. Pertama-tama, install dulu aplikasi Cache Fixer dari Google Play Store
  2. Buka aplikasinya lalu klik “Wipe cache” untuk menghapus semua cache aplikasi
  3. Download ulang aplikasi yang tadi gagal di unduh (muncul Error 498), kalau sudah berhasil maka tidak perlu melakukan langkah selanjutnya.
Tahap 2:
  1. Kalau tahap 1 gagal > buka aplikasi Cache Fixer
  2. Klik Tmpfs (Untuk memindahkan Cache ke memori Shared RAM atau ke SWAP Memory)
  3. Klik Move Cache
  4. Download ulang aplikasi yang diinginkan
Tahap 3:
  1. Kalau setelah tahap 2 masih gagal > buka aplikasi Cache Fixer
  2. Klik Data (untuk memindahakan cache ke memori data) > pastikan tulisan “Force ext4 FileSystem” dicentang
  3. Klik “Move Cache”
  4. Kalau sukses, maka ukuran (Size) cache partition yang tertera pada bagian atas aplikasi Cache Fixer akan berubah besarnya.
  5. Download ulang aplikasi yang mengalami “kesalahan mengunduh 498″
  6. Bila masih belum bisa, klik “Data (Slower, more compatible)” lalu hilangkan tanda centang dari tulisan “Force ext4 FileSystem”
  7. Download ulang aplikasi yang dimau
Untuk mengembalikan cache seperti semula, lakukan reboot / restart perangkat Android milik Anda dengan cara mematikan lalu menyalakannya lagi.
Peringatan: Jangan merubah atau membersihkan (Clean) Cache ketika proses download aplikasi sedang berlangsung atau sedang menggunakan aplikasi lainnya.



Sumber: harga-hp

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar