Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Selasa, 16 Juli 2013

Trik Kendalikan Gadget Android dengan PC via Koneksi Wifi

Kadang ada saat - saat tertentu dimana kita tidak bisa membawa HP Android kesayangan kita, sementara kita masih membutuhkan file - file yang ada dalam HP Android kita itu. Dalam kondisi sepertii ini kita memerlukan akses jarak jauh untuk membuka atau mengambil file tadi, terus bagaimana caranya ? pada kondisi tertentu kita juga perlu memindahkan file dari HP Android ke laptop atau komputer namun kabel datanya dipinjam oleh teman atau ketinggalan di kantor, lalu apa yang harus kita lakukan ? apakah ada cara lain ?
Jawabannya bisa ! pada awal era tahun 2000-an (awal era milenium) santer diperbincangan yang disebut    dengan cloud computing, dimana kita bisa mengakses file dari mana saja kita berada. Salah satu manfaat dari cloud computing ini bisa kita rasakan juga melalu HP Android yaitu melalu aplikasi yang bernama Airdroid, dengan Airdroid kita bisa mengakses HP Android melalui jaringan internet maupun jaringan lokal Wi Fi.

Sebenarnya banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk remot/kendali jarak jauh HP Android, tapi kali ini kita hanya akan membahas aplikasi Airdroid. Airdroid bekerja seperti aplikasi VNC (Virtual Network Connection) pada komputer dimana Airdroid bekerja sebagai server VNC pada HP android sehingga kita bisa melakukan kopi, download, explore bahkan melakukan fungsi dari fasilitas yang ada pada HP Android, seperti kirim SMS, Telepon, Mengambil Foto dan Screen Shot. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara konfigurasi Airdroid untuk remot control dengan komputer via jaringan Internet dan Wi Fi :

Syarat & Ketentuan
  • HP bisa terhubung dengan PC lewat jaringan lokal (WiFi) atau internet.
  • Untuk mengambil screen shot dibutuhkan root akses
  • Browser pada PC yang suport java
  • OS Android versi 2.1  ke atas

Langkah  Instalasi
1. Hubungkan HP dengan komputer melalui WiFi atau nyalakan jaringan internet di PC dan HP anda.
 

2. Jalankan aplikasi Airdroid, jika belum terinstal download dan instal dari playstore.
 

3. Buka browser pada PC anda dan masukan alamat web Airdroid jika anda terhubung lewat internet atau masukan alamat IP dan port-nya jika anda terhubung lewat WiFi. 

4. Jika menggunakan koneksi internet anda harus memiliki akun airdroid atau anda bisa login menggunakan akun google, facebook atau twitter, selain itu koneksi internet pada PC dan HP harus bagus. Jika sudah terkonesi anda bisa mulai mengakses file - file anda lewat PC atau laptop.


Selamat mencoba :)

Sumber: Android4mi

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus