Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Senin, 07 Mei 2012

Alasan Mengapa Perangkat Android itu Boros Baterai


Kalau ada sebuah survey yang menanyakan keluhan utama dari sebuah sistem operasi Android, saya yakin sebagian besar akan menjawab borosnya baterai handphone Android (atau tablet Android). Namun, benarkah demikian? Berikut adalah penjelasannya:

Kenapa Android boros baterai?

Sistem operasi Android sebenarnya tidaklah boros baterai, namun hal-hal berikut yang menyebabkan tablet atau handphone Android “terkesan” boros baterai:

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #1:

Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi  dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai.

Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu di Indonesia semakin memperparah daya tahan baterai Android. Kalau sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, melakukan sinkronisasi, dll.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #2:

Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dll.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #3:

Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut.

Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga pasti akan membuat baterai boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi bernama “Watchdog Task Manager”
Selain itu aplikasi-aplikasi, yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #4:

Terlalu sering menggunakan Task Killer. Tahukah Anda bahwa terlalu sering menggunakan task killer juga bisa menyebabkan baterai boros?Pembahasan tentang Task Killer akan saya jelaskan di postingan artikel berikutnya.
Penyebab Handphone Android Boros Baterai #5:

Perilaku pengguna handphone Android juga merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar borosnya baterai Android. Banyak laporan yang saya terima bahwa pengguna handphone Android pertama kalinya menjadi seperti orang “autis” :D Dalam artian dari pagi sampai malam kerjanya hanya main handphone atau tablet Android. Akibatnya? Baterai Android habis dalam sekejap karena digunakan secara terus menerus.

Lalu, bagaimana sih cara paling tepat dan jitu untuk menghemat baterai device Android kita? Hmm, tidak ada masalah yang tidak ada jawabannya. Ada beberapa tips dan trick untuk menekan borosnya baterai di Android. Silakan baca artikel blog saya di segmen berikutnya :D #AlwaysNgandroid

3 komentar:

  1. Kalau misal, HP androidnya tidak dalam kondisi Online terus.. Dan semua aplikasi2 Background dimatikan. Terus hanya dipake seperti HP biasa (SMS, telpon, inet sesekali), kemudian ganti simcardnya pake yg operatornya kuat sinyalnya. Apakah baterenya bisa tahan lama? berapa hari?

    BalasHapus
  2. Seharusnya bertahan sekitar 2-3 hari tergantung seberapa sering layar dalam keadaan nyala (sms) dan kapasitas baterai yang digunakan

    BalasHapus
  3. berarti biar gak boros batre,, kecanggihan android harus di tutupi ya? Mislnya gak usah pake live walpaper,dan semisal. Jadi buat apa'an donk di beli mahal mahal? Masa buat game doank,,,

    BalasHapus