Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Sabtu, 12 Mei 2012

Mainkan Game-Game Playstation 1 di Gadgedroid-mu dengan PSX4Droid


Sifat Android yang Open Source dan datang dari kernel Linux membuat banyak orang yang menjadikannya seolah-olah “laptop dalam genggaman”. Belum lagi dukungan hardware yang hampir menyamai sebuah PC (seperti LG Optimus 2X yang bertenaga prosesor dual core masing-masing 1 GHz!). Hal tersebut membuat banyak developer tergiur dan mencoba untuk “menjejali” device bertenaga Android dengan berbagai macam software, emulator, bahkan dijejali sistem operasi baru sekalipun!

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana memainkan game-game PSX (Playstation generasi pertama) di device Android kamu dengan sebuah emulator yang disebut dengan PSX4Droid. Sebagai catatan, untuk memainkan game-game PSX di Android, selain meng-install emulator ini, kamu juga diharuskan memiliki file image dari game yang akan kamu mainkan (sama seperti emulator di PC). Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh emulator PSX4Droid ini antara lain:


  1. Save dimana saja. Tanpa perlu mencari save point, kamu bisa menyimpan permainan kamu, bahkan dalam kondisi sedang battle sekalipun!
  2. Dukungan device tambahan. Jika kamu memiliki kontroler dengan konektivitas Bluetooth, kamu bisa menggunakannya untuk memainkan game-game PSX disini.
  3. Pilihan berbagai macam Refresh Rate. Dengan banyaknya pilihan ini, PSX4Droid bisa digunakan hampir disemua device Android yang memiliki prosesor 600 Mhz keatas.
  4. Dukungan file image dengan banyak format. Mulai dari .iso hingga .bin bisa dimainkan dengan emulator ini.

Bagaimana cara install-nya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!   
  1.  Download dahulu file installer PSX4Droid dan file Bios-nya disini:File apk+bios bisa download disini    
  2. Copy file .apk dan file bios diatas ke sembarang folder di SD Card kamu. 
  3. Install file .apk-nya. Tunggu sampai selesai. 
  4. Sekarang yuk mulai kita setting aplikasinya. Masuk ke aplikasi, maka kamu akan disuruh untuk mencari    dimana letak file BIOS. Jadi, arahkan ke direktori tempat kamu menyimpan file BIOS tadi di SD Card. Lalu klik OK. 
  5. Setelah itu, emulator sudah siap untuk digunakan. Untuk mulai bermain, pilih salah satu ROM atau file image yang sudah kamu siapkan sebelumnya. File image bisa kamu dapatkan di beberapa website penyedia, salah satu yang paling lengkap adalah di forum Indowebster yang beralamat di: http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=152871 atau disini 
  6. Merasa game yang kamu mainkan lambat, atau terjadi lag selama permainan? Coba kamu setting refresh rate yang ada di bagian setting. Caranya, klik tombol menu di gadget kamu, lalu pilih setting. Setelah itu, masuk ke bagian Screen Refresh Rate, dan tentukan nilainya (jangan pilih yang default). Semakin kecil spesifikasi gadget yang kamu miliki, maka biasanya kamu juga harus memilih refresh rate yang kecil juga. 
  7. Selamat, sekarang kamu sudah bisa bernostalgia dengan game-game PSX di gadget Android kamu :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar