Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Selasa, 22 Mei 2012

Belajar Seputar Istilah Istilah Flashing ROM di Ekosistem Android




Androiders, masih pada betah belajar Android kan? Masih tetap eksis dengan android kesayangan kalian kan?. Oh ya kali ini saya sedang tidak membahas tutorial maupun tips n tricks seputar android, melainkan akan menjelaskan tentang istilah-istilah seputar firmware Android dan pengelolaanya. Mungkin kalian sering mendengar istilah Custom ROM di forum? Root? Kernel? Bagi sebagian androiders yang sering flashing androidnya mungkin sudah hafal dengan istilah tersebut. Oke, bagi yang masih pemula dan mau belajar tentang Android lebih dalam lagi, saya akan menjelaskannya satu persatu. Ini dia:

Custom ROM

Sebenarnya orang sering bilang custom rom itu menurut saya sedikit membingungkan. ROM itu sendiri kan = read only memory. Data2 yang ada di read only memory itu merupakan data2 sistem operasi. Jadi, ketika orang menyebutkan custom rom, sebenarnya itu merupakan modified OS untuk Android yang di develop oleh kalangan publik secara bebas. Mengapa bisa begitu? ya karena android itu open source. sehingga setiap individu dapat dengan bebas memodifikasi sistem operasi android itu sendiri. Ada berbagai Custom ROM yang terkenal di ekosistem Android itu sendiri seperti CyanogenMod, MIUI ROM, dll

Root

Nah setelah itu kita coba mengenal root itu sendiri. Root itu semacam hak akses tertinggi di dalam sistem android. Ketika kita pertama kali menggunakan handset android yg baru beli dari toko, kita belum mendapatkan hak akses tersebut. kalo di windows, istilahnya kita hanya sebagai guest, belum jadi administrator. nah apa gunanya kita melakukan root untuk mendapatkan hak akses tertinggi? Ok begini, seandainya kita punya komputer baru. sudah kita instal windows. namun kita hanya bisa masuk dan mengakses sebagai guest saja. bagaimana rasanya? hal itu sama rasanya ketika menggunakan Android tanpa di-root. Banyak aplikasi2 penting seperti titanium backup utk membackup data, shoot me & drocap untuk print screen halaman, setCPU untuk mengatur clock cpu, dll yang tidak dapat dijalankan. Tentu rasanya kita ini dibatasi kan? Padahal OS kita ini open source. jadi kalo Android ga di root, itu rasanya seperti bukan Android. hehe.. root itu merupakan gerbang awal dari “permainan” berikutnya. permainan di sini merupakan istilah saat kita flashing custom rom / OS, kita overclock cpu, ganti kernel bawaan, semuanya gerbangnya dari root itu. tanpa root, kita ga bisa melakukan hal2 tersebut.

Kernel

Untuk kernel, kernel itu merupakan sistem inti yang menjadi jantung dari sistem operasi. operasi2 yang dijalankan oleh os, itu diproses oleh kernel. kernel di android juga bisa dimodifikasi. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. Kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. Namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. Ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita hanya dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. Kalian bisa mengecek di forum XDA Developer apakah handheld android kalian masih terkunci bootloadernya atau tidak.

Flash OS & Kernel

Flashing OS & kernel merupakan suatu cara memasukkan data sistem operasi atau menginstall sistem operasi & kernelnya di dalam handset android kita. Hampir sama caranya dengan ketika kita menginstall ulang komputer. pertama kita masuk recovery mode (cara masuk Recovery Mode di Galaxy Mini: Tekan Home dan Power Button bersamaan). Setelah itu kita hapus / wipe seluruh data sistem operasi yang lama. Kita hapus cache memory dari sistem operasi yang lama. Jadi intinya kita melakukan full wipe. Nah setelah itu baru kita install os baru / custom rom. Di dalam clockworkmod recovery, semuanya telah tersedia. kita tinggal menggunakan saja. instalasi osnya itu yang dimaksud sebagai flashing.jadi kalo denger2 flashing, sebenarnya itu ya instalasi, namun dilakukan lewat recovery.

Sudah sedikit paham kan tentang istilah istilah dalam flashing android? Selamat Belajar dan selamat bereksperimen untuk tutorial yang akan saya berikan di pistingan blog berikutnya, Androiders :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar