Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Sabtu, 19 Mei 2012

Tutorial Flashing& Rooting Sony Ericsson Xperia Neo


Setelah seminggu mencicipi stock ROM asli yang masih perawan, saya pun bosan. Setelah mengumpulkan segala keberanian dan semangat mengoprek, iseng-iseng saya coba root si Neo. Sebelumnya, software yang saya pakai adalah versi 4.0.A.368 (Gingerbread 2.3.3) Ternyata setelah main-main ke xda harus di flash ulang dulu memakai ROM GB 2.3.2 (3.0.A.2.181). Berikut stepnya :


2.       Gunakan Gingerbreak atau SuperoneClick untuk melakukan rooting
3.       Update OTA melalui setting - about phone - software update
4.       Selesai. Sekarang kita bisa menikmati Xperia Neo dengan Gingerbread 2.3.3 (4.0.A.368) ROOTED ! :D

Cara kedua yang saya pakai dan baru saja saya coba adalah menggunakan Wotan Server. Dengan Wotan Server, kita cukup install aplikasinya, nanti secara otomatis kita bisa memilih versi sofware yang akan kita install. Berikut langkahnya :

1.       Silahkan daftar terlebih dahulu di http://www.wotanserver.com/en/account/register
2.       Install terlebih dahulu driver Xperia Neo kita ke laptop
3.       Download Wortan Client di http://www.megaupload.com/?d=QM8Q5QE7
4.       Install Wortan Client, buka aplikasinya.
5.       Matikan Xperia Neo, pastikan batre kita ada 50% lebih
6.    Di wortan Client akan muncul step yang harus kita lakukan agar HH bisa terdeteksi. Ikuti Stepnya

·         Dalam keadaan HH sedang mati, tekan tombol back yang lama
·         Sambil menekan tombol back, hubungkan USB ke laptop
·         HH akan terdeteksi di Wortan Client.

7.   Setelah HH terdeteksi di Wortan Client, pilih German pada Language dan pada bagian CDA,pilih (3.0.A.2.181) Generic Trade Germany (2.3.2)
8.  Klik Next, biarkan proses selesai. Selama proses berlangsung, Wortan Client akan mendownload firmware 2.3.2 dan akan melakukan flashing secara otomatis.
9.       Setelah selesai, cabut USB kabel dan hidupkan Xperia Neo
10. Masuk ke settings > aplications > unknown applications ON , dan development > USB debugging ON
11.Masuk ke market, Cari file manager untuk menginstall Gingerbreak (http://www.4shared.com/file/K3HTXWWd/GingerBreak-v120.html )
12. Install aplikasi Gingerbreak di Phone memory. Jangan lupa format terlebih dahulu SD card kita
13.   Jalankan Gingerbreak, pilih ROOT. Proses akan berjalan selama 1-10 menit. Saya sendiri  mencoba hanya membutuhkan waktu 1 menit saja
14.  Setelah proses rooting berhasil, Xperia Neo akan restart dengan sendirinya. Jangan kaget jika melihat persentasi pada batre yang hanya tinggal 1%. Awalnya saya bingung mengapa demikian, namun setelah saya matikan, saya cabut batre + memasangnya kembali, tampilan batre menjadi normal (sekitar 80%).
15.  Masuk ke setting - about phone - software update. Selesaiiii sekarang kita memiliki Xperia neo dengan GB 2.3.3 (4.0.A.368)
16.    FYI : Untuk GB 2.3.3 (4.0.A.368) ini fungsi XLoud sudah diaktifkan. Jadi, suara speaker dari Xperia phone ini jauh lebih meningkat. Awalnya saya pikir pengaturan suara di HH yang mempengaruhi, tapi ternyata dengan suara di level 60% pun cukup nyaring terdengar. Selamat Mencoba J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar