Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Sabtu, 26 Mei 2012

Yuk Baca Isi USB Flashdisk Lewat Perangkat Android



           Pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang cara menghubungkan flashdisk ke perangkat android anda sehingga nantinya data-data yang ada di dalam flashdisk tersebut bisa terbaca di layar perangkat android yang terhubung. Fungsi ini sebenarnya telah ada di perangkat Nokia terbaru, yaitu USB On The GO, jadi tidak ada salahnya jika kita terapkan fungsi ini ke perangkat android kesayangan Anda.   


Menerapkan fitur USB On The Go pada perangkat Android ini sebenarnya sangatlah mudah, namun ada sebuah persyaratan khusus yang harus dimiliki adalah ponsel Android anda harus dalam keadaan root. Bagi anda yang belum pernah melakukan root pada ponsel Android, silahkan di root terlebih dahulu yah utk  menggunakan Flashdisk Android ini. Nah, bagi anda yang sudah tidak sabar lagi untuk menggunakan trik ini silahkan saja baca petunjuknya di bawah ini.

Alat & Bahan yang dibutuhkan utk Flashdisk Android :
  1. Pertama anda beli terlebih dahulu sebuah kabel yang bernama kabel usb otg. Anda bisa membelinya lewat kaskus atau dimanapun.
  2. Kemudian siapkan sebuah flashdisk. Kapasitasnya terserah anda.

Cara Menghubungkan Flashdisk Android ke Ponsel Android :
  1. Syarat yang wajib harus dipenuhi adalah ponsel harus sudah dalam keadaan root.
  2. Kemudian anda install terlebih dahulu Android Terminal Emulator. Anda bisa mendapatkannya melalui Android Market yang ada pada ponsel Android anda.
  3. Setelah anda mendownload Android Terminal Emulator, buka aplikasi Android Terminal Emulator tersebut dan colokkan usb otg beserta flashdisknya.
  4. Selanjutnya ketik su, jika muncul permissions superuser klik Allow.
  5. Kemudian ketikkan ls /dev/block , perintah ini digunakan untuk mengecek apakah flashdisk kita sudah terbaca di ponsel Android kita apa belum. Jika sudah, lihat pada list nya, pastikan ada sda atau sda1. Jika sudah berarti flashdisk anda sudah terbaca.
  6. Setelah itu ketikkan pada terminal emulator mount -t vfat /dev/block/sda1 /udisk kemudian enter. Perintah ini adalah untuk meng-mount flashdisk anda ke dalam ponsel Android kita. sda1 adalah letak flashdisk kita, dan vfat adalah jenis partisi flashdisk kita. Perlu diingat bahwa cara ini hanya utk mount flashdisk yang memiliki jenis partisi fat/fat32 saja.
  7. Kemudian masuklah ke file manager anda, Astri File Manager, ES File Explorer, Root Explorer juga bisa. Pilih salah satu saja. Cari folder yang bernama udisk. Nah, disitulah isi dari flashdisk kita di mount.
  8. Silahkan copy atau move file yang anda inginkan.
  9. Jika sudah, untuk meng-unmount flashdisk tersebut dari ponsel Android kita adalah dengan mengetikkan perintah umount /udisk.
  10. Selesai. Silahkan cabut flashdisk android anda dan close terminal emulator anda.


5 komentar:

  1. ga work di gayoung,bukannya ini tergantung kernel ya...? klo kernel support otg maka bisa,klo ga ya ga bisa...

    BalasHapus
  2. Di Galaxy Ace Plus ko' ga bisa yah?

    BalasHapus
  3. samsung tab 3 gak bisa terdetek....

    BalasHapus