Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Jumat, 18 Mei 2012

Panduan Untuk Memilih Stock ROM dan Custom ROM



Android dengan sistem open-source memang membuatnya lebih bebas untuk “diotak-atik” oleh siapapun. Dan karea itu pula, custom ROM Android tersedia banyak di internet untuk kustomisasi perangkat Android. Bagi Anda yang masih awam dengan hal seputar ROM Android, di postingan artikel sebelumnya saya pernah mengungkap pengertian ROM, atau baru saja memiliki Android dan ingin mengoprek dan kustomisasi lebih jauh, pasti sudah mencoba googling dan menemukan istilah stock ROM dan /atau custom ROM dan jenis ROM.

Dan sebelum Anda mulai mengoprek ROM Android Anda, sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu kelebihan dan kekurangan stock ROM dan custom ROM untuk memutuskan ROM mana yang terbaik untuk karakter penggunaan smartphone Anda

Kelebihan dan kekurangan Stock ROM

Stock ROM Android adalah hasil dari banyak upaya riset dan tes oleh vendor pengembang OS tersebut, vendor ponsel dan operator seluler. Oleh karena itu, ia membawa beberapa kelebihan, di antaranya :
·         Cukup stabil sejak pertama kali rilis.
·         Hampir semua bugs telah diatasi pada tahap tes versi beta sebelum rilis.
·         Membawa konten resmi dari pengembang OS.
·         Update mudah didapatkan dan bahkan terinstal secara otomatis.
Di samping kelebihannya, stock ROM juga tidak lepas dari kekurangan :
·         Update yang terjadi tidak terlalu sering, karena pengembangan dilakukan oleh perusahaan yang umumnya akan mengikuti siklus rilis yang dijadwalkan.
·         Feedback yang diberikan oleh pengguna kepada pihak pengembang, yang dalam hal ini adalah sebuah perusahaan, apabila ada suatu masalah pada ROM Android, umumnya akan melalui suatu proses yang panjang dan memakan waktu, bahkan jangan terkejut apabila feedback Anda tidak digubris oleh mereka.
·         Demikian pula untuk mendapatkan bantuan atas masalah yang pengguna alami, proses panjang dan memakan waktu akan kembali terjadi.
·         Apabila vendor ponsel dan pihak pengembang OS adalah dua perusahaan yang berbeda, hal inilah yang terjadi pada Android, maka rilis update oleh pengembang OS akan melewati tahap edit oleh vendor ponsel atau operator seluler sebelum update tersebut benar-benar sampai pada pengguna. Contoh yang bisa Anda temukan adalah perangkat Android Samsung bisa saja mendapat update lebih dulu daripada perangkat Android HTC.
·         Dan hal inilah yang paling annoying bagi kita pengguna Android di Indonesia, update seringnya rilis terlebih dahulu di Amerika Serikat dan membiarkan yang lain menunggu, apalagi kita di Indonesia seringnya harus menunggu dalam waktu yang sangat lama untuk mendapatkan official update region Asia.
·         Dan yang paling buruk, ketika vendor ponsel memutuskan untuk tidak merilis update ROM Android bagi perangkat lama, mereka hanya menyediakan bagi perangkat terbaru mereka saja, sehingga pengguna perangkat lama akan stuck pada OS versi lama atau harus upgrade perangkat.
·         Pengembang OS Android, vendor ponsel atau operator ponsel pada umumnya akan menambahkan restriksi mulai dari lock hanya bisa menggunakan satu operator saja, sehingga lock hanya bisa digunakan pada region tertentu.

Kelebihan dan kekurangan Custom ROM

Custom ROM Android umumnya diciptakan oleh pengembang independen untuk memperbaiki kekurangan pada stock ROM. Kelebihan dari custom ROM adalah sebagai berikut
·         Pilihan yang banyak untuk menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Ada ribuan custom ROM Android di luar sana, dan untuk berbagai macam perangkat. Masing-masing menawarkan fitur-fitur berbeda yang tidak akan Anda temukan pada stock ROM.
·         Hal yang sering terjadi pada ROM Android adalah, begitu update rilis dari pihak pengembang OS, pihak pengembang independen akan segera menggarap update tersebut untuk bisa digunakan pada berbagai macam perangkat. Dan oleh karena itu custom ROM akan lebih cepat merilis update daripada stock ROM yang harus terlebih dahulu melewati tahap edit vendor ponsel dan /atau operator seluler.
·         Feedback kepada pengembang custom ROM semudah mengirimkan pesan pada sebuah forum komunitas online dan menghasilkan cara yang lebih efisien dalam menangani laporan atas adanya bug.
·         Demikian pula untuk mendapatkan bantuan apabila pengguna mengalami masalah. Pertanyaan atau keluhan yang disampaikan pengguna pada suatu forum komunitas online akan segera mendapat jawaban dari pengembang maupun dari pengguna lain.
·         Restriksi yang ada pada stock ROM menghilang.
·         Optimalisasi kinerja hingga overclocking bisa ditemukan pada banyak custom ROM, sehingga perangkat Anda bisa lebih cepat daripada saat menggunakan stock ROM.
·         Pilihan Undervolting bisa ditemukan pada beberapa custom ROM, pilihan ini bisa menambah daya tahan baterai Android.
·         Umumnya, custom ROM sudah menyertakan rooting, dan oleh karena itu perangkat Android lama atau yang memiliki memori internal berkapasitas kecil bisa memanfaatkan SDcard eksternal tempat menginstal aplikasi.
Jadi, dengan kelebihan yang dimiliki oleh custom ROM, tidak ada alasan untuk tetap menggunakan stock ROM bukan? Belum tentu, seperti semua hal yang ada di dunia, custom ROM juga memiliki kekurangan di antaranya :
·         Tidak seperti stock ROM yang telah melewati beberapa riset dan tes, banyak custom ROM yang memiliki banyak bug saat pertama rilis, dan menginstal custom ROM dengan kondisi seperti ini bisa mengakibatkan perangkat Android Anda kehilangan file atau corrupt critical files hingga mati total.
·         Beberapa custom ROM yang dalam beberapa kasus diambil dari ROM perangkat Android lain, bisa mengakibatkan suatu fitur tidak berfungsi dengan benar. Contoh: Saya pernah mencoba custom ROM Gingerbread, yang diambil dari Android versi Eropa, dan menemukan kompas, peta dan GPS tidak dapat berfungsi dengan benar.
·         Instalasi custom ROM bisa dibilang cukup mudah, banyak tutorial yang tersedia di internet. Namun apabila terjadi sedikit kesalahan pada proses instalasi tersebut, bisa mengakibatkan perangkat Android Anda mati total.

Membuat pilihan

Memilih antara stock ROM dan custom ROM tergantung dari kebutuhan Anda. Apabila dengan stock ROM Anda sudah bisa melakukan semua hal yang Anda butuhkan dan tidak terasa lambat, Anda tidak perlu repot-repot melewati proses instalasi custom ROM.
Namun, apabila Anda ingin perangkat Android Anda memiliki kemampuan lebih seperti yang telah Saya jelaskan pada kelebihan custom ROM, dan tidak merasa keberatan dengan kekurangan yang dimilikinya, menginstal custom ROM akan memberikan kepuasan tersendiri pada Anda. Choose wisely!

Memilih Custom ROM yang tepat

Apabila Anda memutuskan untuk mencoba custom ROM, masalah selanjutnya adalah memilih satu custom ROM terbaik dari ribuan yang tersedia. Solusi termudah yang Saya tawarkan untuk hal ini adalah menggunakan custom ROM paling populer, banyak digunakan dan aman. Dua nama custom ROM yang memenuhi kriteria tersebut, adalah CyanogenMOD dan MIUI. Kedua custom ROM ini akan menjadi awal yang baik untuk Anda memulai meng-oprek-nya dan kustomisasi perangkat Android Anda.

2 komentar:

  1. Min, kalo udah di custom rom, pa bisa dkembalikan ke OS semula?

    BalasHapus
  2. EA BISA LAH ... FLASHING ULANG PAKE FIRMWARE BAWAAN 8|

    BalasHapus