Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Rabu, 30 Mei 2012

Tutorial Instal Font Roboto Ice Cream Sandwich di Smartphone Android



Kepopuleran akan sistem operasi teranyar dari Android, Ice Cream Sandwich kini sedang melanda para pengguna Android. Meskipun dibilang telat dalam peluncurannya seperti yang pernah dijanjikan pihak Google di mana akan diluncurkan pada akhir tahun 2011, namun sistem operasi Android ini masih tetap ditunggu secara antusias oleh para pengguna Android di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri.

Dari sisi pengguna yang belum pernah mencicipi bagaimana manisnya sistem operasi Android ini pastinya akan iri dengan para pengguna yang telah menggunakan sistem operasi ini. Dan pastinya ponsel yang saat ini sedang mengusung sistem Android terbaru itu dilepas dengan harga yang cukup tinggi yang bagi sebagian orang terlalu mahal. Sebagai pelipur rasa iri, kini banyak tersedia tema yang mengambil tampilan dari Ice Cream Sandwich agar perangkat Androidnya terlihat lebih mirip dengan Android yang juga mengusung sistem operasi teranyar tersebut. Dari tema hingga live wallpaper atau bahkan sistem penguncian pada Android pun mengusung tema yang sama dengan tema yang dibawa oleh ICS ke pasaran.


Namun meskipun telah menggunakan tema yang bertemakan Ice Cream Sandwich, masih ada satu kekurangan yang tidak bisa ditutupi dari tema tersebut, yakni font. Font antara Ice Cream Sandwich dengan Gingerbread sudah tentu berbeda jauh. Pada sistem operasi Ice Cream Sandwich, font yang digunakan tidak sama lagi dengan Gingerbread. Font pada Ice Cream Sandwich sendiri bernama Roboto. Dan satu-satunya cara agar font pada sistem Android Anda sama dengan font yang terdapat pada Ice Cream Sandwich adalah menginstal font Ice Cream Sandwich tersebut ke dalam ponsel Android Anda. Namun syaratnya, Android Anda harus sudah dalam posisi root, jika masih belum mengalami rooting, maka akan sia-sia jika Anda mencoba untuk menginstal font ini, karena Anda akan membutuhkan suatu aplikasi untuk menginstal font dan khusus disediakan bagi Anda pemiliki ponsel Android yang sudah mengalami rooting.

Berikut adalah ulasan bagaimana cara menginstal font Roboto pada Android Anda yang ingin mencicipi bagaimana rasanya memiliki ponsel dengan tampilan Ice Cream Sandwich.

  1. Sebelum Anda melakukan instalasi, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengunduh Font Changer pada Google Play, sekali lagi pastikan ponsel Anda sudah dalam keadaan rooting. Untuk mengunduh Font Changer secara gratis, Anda bisa mengunjungi situs Google Play\
  2. Setelah Anda mengunduhnya, instal aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  3. Ketika proses instalasi Font Changer pada ponsel Anda berjalan dengan lancar dan selesai, kini saatnya Anda mengunduh font Roboto secara gratis di sini 
  4. Setelah Anda selsai melakukan pengunduhan, langkah selanjutnya adalah unzip file tersebut.
  5. Pada ponsel Anda, selanjutnya buka System> Fonts dan copy ke smua file .ttf dari file yang telah dilakukan unzip tadi dan paste file tersebut ke dalam kartu memori Anda di dalam folder fontchanger 
  6. Setelah Anda melakukan copy paste file tersebut, maka langkah selanjutnya adalah tinggal Anda membuka aplikasi Anda dan pilih font Roboto tadi.
  7. Setelah Anda memilihnya, lakukan reboot untuk melengkapi proses instalasi tahap akhir.
  8. Setelah ponsel Anda akitf, maka Anda akan melihat font Anda akan berubah menjadi font yang terdapat atau sama persis yang digunakan oleh sistem operasi Ice Cream Sandwich.
Demikian ulasan dan tips sederhana mengenai cara melakukan instalasi font Ice Cream Sandwich pada perangkat Android Anda. Cara-cara yang disajikan di atas tersebut bisa dibilang mudah, karena Anda hanya memerlukan sebuah aplikasi saja dan kondisi Android Anda telah mengalami rooting serta tinggal mengunduh file dari font tersebut secara gratis. Semoga cara atau tips yang kami sajikan ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan tampilan ponsel Android Anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar