Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Sabtu, 26 Mei 2012

Kingsoft Office, Aplikasi Office yang Mumpuni untuk Androiders




Pekerjaan selalu saja datang tanpa henti. Bila tidak segera diselesaikan akan menumpuk dan tidak terkendali. Apalagi bila tugas yang datang berhubungan dengan pemakaian aplikasi office, tentunya akan menyita waktu untuk menyelesaikannya. Padahal, Anda sudah harus berada di tempat lain dan memiliki jadwal yang sangat padat. Jalan terbaik dari masalah ini adalah mengerjakan di jalan dengan menggunakan perangkat Android ditambah dengan software office editor yang dapat diandalkan bernama Kingsoft Office.


Kegunaan sebuah office editor tentunya lebih banyak jika dibandingkan dengan sebuah office viewer. Anda hanya dapat menampilkan file berekstensi doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx di sebuah perangkat Android tanpa bisa mengedit, mengubah, ataupun melakukan hal lainnya di sebuah viewer. Sementara editor memiliki fungsi dan kegunaan yang jauh lebih banyak dan sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai tugas kantor. Dengan kemampuan yang dapat diandalkan dan kinerja yang menjanjikan, sebuah aplikasi office yang baik akan layak untuk dipergunakan.

Untuk mempersingkat waktu, Anda dapat menemukan aplikasi ini dengan melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci ”office”. Dengan kapasitas file setup berkisar 7 MB, proses unduh dan instalasi dapat berjalan baik dan memakan waktu tidak terlalu lama. Telah banyak pengguna perangkat Android yang telah mejajal aplikasi ini dan memberikan penilaian subjektif mengenai kinerja yang memuaskan. Lebih dari sejuta perangkat Android telah mengunduh aplikasi ini demi memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Dari sekian banyak office editor yang ada, Anda akan selalu dihadapkan dengan angka-angka yang cukup menakjubkan untuk harga sebuah aplikasi profesional dari produsen aplikasi pihak ketiga. Kingsoft Office dapat di-install dan digunakan tanpa biaya sepeser pun alias gratis. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan ekstensi txt saja, tetapi juga sebuah office editor dengan segala kelebihannya.

Kingsoft Office bukan hanya sekadar aplikasi editor yang dapat membantu berbagai pekerjaan kantor atau menyelesaikan berbagai tugas sekolah saja. Berbagai kelebihan lainnya yang ada di aplikasi ini akan membuat Anda berdecak kagum mengingat ini sebuah freeware. Pihak pengembang menjanjikan bahwa produknya tidak akan mengecewakan saat digunakan. Fitur-fitur menarik yang dapat ditemukan ketika mengoperasikannya adalah sebagai berikut.

DOC – Membuat Dokumen dengan Mudah

Saat pertama kali membuka word, Anda akan menemukan sebuah dokumen penyambutan. Selain sebagai kata sambutan, dokumen ini merupakan contoh tulisan yang dapat dibuat. Word yang tersedia di sini memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar lainnya. Anda akan menemukan beberapa kesamaan fitur seperti standar fungsional editing yaitu mengopi, paste, delete, select text, dan beberapa fungsi lainnya.

Pilihan penyimpanan dokumen yang dapat diberikan adalah berupa save atau save as dalam bentuk ekstensi doc, docx, dan txt. Pilihan lainnya adalah Anda dapat melakukan penyimpanan ke dalam sebuah SD card dengan tree view folder atau Anda dapat menyimpannya ke dalam internal memori dengan membuat sebuah folder baru. Kelebihan lainnya adalah pergantian jenis huruf dengan ukuran yang berbeda-beda yang dapat diganti dengan ikon decrease atau increase. Bulleting dan paragraf pun tersedia untuk pengaturan setiap satu paragraf dengan model left, center, right, dan justifie.

Style font yang tersedia, seperti normal, heading, dan yang lainnya tampil layaknya di sebuah PC saja. Anda tidak akan kesulitan mengoperasikan aplikasi ini walaupun belum pernah mencobanya sama sekali. Zooming untuk mempermudah penglihatan juga tersedia, ukuran file akan secara otomatis disesuaikan dengan beberapa klik saat memperbesar dokumen.

XLS – Membuat Tabel Menjadi Lebih Mudah

Membuat sebuah xls atau excel di sebuah perangkat Android memang agak sulit. Selain aplikasi gratisan yang jarang mendukung, tentunya perangkatnya sendiri juga harus mendukung. Di Kingsoft Office editor, xls file telah tersedia secara gratis dan siap digunakan. Berbagai fitur standar yang biasa digunakan, seperti edit, copy, paste, delete, dan yang lainnya juga ada di aplikasi ini. Anda tidak akan kerepotan dalam penyesuaian penggunaannya.

Begitu pula dengan font, bulleting, paragraf, dan berbagai fungsi standar yang biasa ditemukan di excel di sebuah PC. Dukungan formula untuk mempermudah perhitungan seperti IF dan Summary juga tersedia, sama halnya dengan format cell, seperti numeric, date, text, decimal, dan lain sebagainya.

PPT – Viewer

Sebagai pelengkap office editor yang biasa digunakan di perangkat mobile, pihak developer juga menyertakan powerpoint viewer. Sebagai viewer, setiap standar operasional yang dibutuhkan terdapat di aplikasi ini. Rasanya Anda tidak akan membutuhkan aplikasi tambahan lainnya baik itu berbayar atau gratisan untuk office editing bila telah menggunakan Kingsoft Office.

Pengujian
Dari beberapa pengujian yang telah dilakukan terhadap aplikasi ini, saya menemukan bahwa default document yang tersedia saat hendak membuat halaman baru terasa kurang pas karena terlalu besar untuk ukuran sebuah halaman sehingga agak merepotkan ketika harus menggeser ke kanan atau ke kiri. Hal ini terjadi ketika saya mencoba membuat sebuah dokumen dengan ekstensi doc.

Sementara itu, dilihat dari segi desain, aplikasi ini tampil tidak seperti para pesaingnya. Saya merasa penampilannya seperti sebuah Microsoft Office 2007 atau 2010 dengan sederetan toolbar yang berada di bagian atas, sedangkan fitur yang telah dijanjikan oleh developer semuanya dapat berjalan dengan baik. Begitu pula dengan berbagai tombol yang tersedia di xls atau doc dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa adanya hambatan.

Salah satu yang membuat saya tertarik dengan aplikasi ini adalah kemampuannya membuka sebuah pdf file tanpa harus berpindah ke aplikasi pdf yang telah menjadi bawaan dari perangkat. Memang aplikasi sejenis lainnya juga sudah banyak yang dapat melakukan hal ini, tetapi mengingat aplikasi ini adalah sebuah freeware, saya sedikit terkejut dengan kemampuannya tersebut.
Pengiriman file dapat langsung dilakukan melalui menu sharing melalui perangkat dengan bluetooth, email, dan WiFi. Selain itu, di menu ini, Anda juga akan menemukan bahwa pihak developer menyertakan beberapa cloud storage yang banyak digunakan seperti Boxnet dan Dropbox. Anda cukup mengizinkan aplikasi ini di akun cloud storage yang dimiliki agar dapat menyimpan berbagai file.

Dari sekian banyak aplikasi yang berada di Google Play Store, saya cukup kesulitan mendapatkan aplikasi sejenis yang gratisan. Kebanyakan office editor terbatas sebagai viewer saja, sementara editor lainnya dibanderol dengan harga mulai dariUS$ 9 dolar ke atas. Dengan fitur yang ditawarkan kurang lebih sama dengan Kingsoft Office, beberapa program sejenis, seperti Quick Office, Office Suite, atau Document To Go memiliki kinerja, fitur, dukungan file, dan sistem penggunaan yang sama.

Banyak hal yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi ini sebagai editor utama saat menyunting file berekstensi doc atau xls. Awalnya, Kingsoft Office merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemuda dari negeri tirai bambu, tetapi seiring perkembangannya, pihak developer memutuskan untuk menambahkan bahasa Inggris di produknya ini. Dukungan penuh dengan update secara berkala dapat diperoleh bagi para penggunanya. Selain itu, Anda juga dapat melayangkan email kepada developer bila menemukan masalah.

Rasanya sudah sangat jelas bahwa Anda dapat menikmati bekerja di perangkat Android tanpa harus merogoh kocek lebih dalam. Dengan kinerja dan fitur yang ditawarkan berbanding dengan Document To Go atau program sejenis berbayar lainnya, dapat dikatakan bahwa Kingsoft Office merupakan editor yang andal. Aplikasi ini juga membuktikan bahwa tidak semua aplikasi gratisan berarti murahan.
  
Sumber: Jagat Review

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar