Info Ter-Update Seputar Game Mobile (Android & iOS)

Droider's Page View

Search Box Droid

Memuat...

Senin, 07 Mei 2012

Trik Mendapatkan Kinerja Terbaik Perangkat Android dengan Aplikasi Android Assistant


Kemampuan setiap perangkat Android akan berbeda berdasarkan spesifikasinya masing-masing. Namun, bukan berarti sebuah perangkat dengan spesifikasi rendah tidak dapat dimaksimalkan. Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari perangkat Android yang Anda miliki, Anda membutuhkan sebuah aplikasi bernama Android Assistant.

Android Assistant adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi di Google Play Store yang berguna untuk memaksimalkan perangkat Android Anda dengan menggunakan berbagai fitur yang tertanam di dalamnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi meng-install software-software tambahan lainnya.


Instalasi

Dengan mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store, Anda sudah dapat langsung menikmati aplikasi ini dari perangkat Android Anda. Proses instalasi dan un-install berjalan tanpa ada masalah saat saya melakukan pengujian.

Fitur

Di Google Play Store, saya menemukan keterangan bahwa aplikasi ini lebih dari sekadar tool pembantu yang hanya memliki beberapa kelebihan saja. Setelah saya melakukan croscek, ternyata memang aplikasi ini memiliki kemampuan yang sangat berlimpah. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Android Assistant:

  • Monitoring - Dengan Android Assistant, berbagai kebutuhan dasar, seperti memonitor kinerja CPU, penggunaan memory phone, penggunaan baterai, dan penggunaan SD card, semuanya diinformasikan dengan data-data yang cukup akurat. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengetahui seberapa jauh kinerja perangkat Anroid Anda.
  • Process - Menu ini menampilkan aplikasi yang dikategorikan ke dalam software utama, launcher, widget, service, dan lainnya. Semuanya berjalan secara background dan dapat dipilih untuk dimatikan ataupun dibiarkan tetap berjalan. Berbagai aplikasi yang tidak dapat dimatikan akan masuk ke dalam Ignore List. Sekadar informasi, dengan mematikan berbagai aplikasi yang berjalan secara background, dapat meningkatkan kinerja perangkat Android Anda.
  • Batch Installer – Bila Anda memiliki satu atau lebih aplikasi yang ingin di-install dengan file berekstensi apk, tool ini merupakan jalan keluarnya. Hanya dengan sentuhan jari, Anda sudah dapat meng-installl aplikasi yang diinginkan dan siap untuk digunakan. Proses instalasi menggunakan tool ini pun berjalan dengan baik dan cukup cepat.
  • Batch Uninstaller - Untuk melakukan proses uninstall tanpa bantuan aplikasi tambahan, biasanya cukup merepotkan, apalagi bila Anda tergolong baru dalam menggunakan perangkat dengan Android OS. Hal seperti ini tidak perlu dikhawatirkan karena dalam Android Assistant dan bantuan tools batch uninstaller, semuanya dapat diselesaikan dengan mudah.
  • File Manager - Fitur tambahan ini memiliki fungsi untuk mengatur berbagai file yang Anda miliki. Fiitur standar layaknya di file manager lainnya, seperti edit, copy, cut, paste, membuat folder baru, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Dengan adanya tools tambahan ini, Anda tidak memerlukan aplikasi terpisah.
  • Clean Cache - Setiap software yang habis digunakan biasanya meninggalkan file sementara di cache yang tersedia. Bila hal tersebut dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan akan menghambat kinerja. Dalam Android Assistant, semua file yang tersisa dapat dibersihkan dengan mudah.
  • Volume Control - Mengatur suara yang keluar dari perangkat Anda menjadi lebih mudah dan tidak merepotkan. Notifikasi, ringtone, media, phone call, semuanya dapat diatur dengan men-slide volume bar. Anda tidak perlu lagi masuk ke setting untuk melakukan semua itu.
  • Start Up Manager - Di sini Anda dapat mengustomisasi berbagai file yang ingin dijalankan atau dimatikan saat perangkat mulai dinyalakan. Dengan mencentang check box, berarti Anda menjatuhkan pilihan untuk mematikan aplikasi tersebut saat perangkat Anda dinyalakan. Tool ini menampilkan dua buah menu yaitu user yang berisikan software tambahan yang di-install oleh user, sementara sistem berisikan aplikasi dalam Android OS.
  • App 2 SD – Tool tambahan ini dapat langsung diakses melalui menu Tool dengan ikon bergambar sdcard. Fitur ini berfungsi untuk memindahkan berbagai aplikasi yang berada di perangkat dan menaruhnya di memory eksternal dan begitu pula sebaliknya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila device Anda kehabisan ruang bebas di memory device.
Pengujian

Untuk kemudahan pembersihan file yang sedang berjalan secara background, aplikasi ini dapat ditempatkan sebagai widget dengan informasi baterai dan quick boost untuk membersihkan perangkat dari temperory file. Sementara di menu monitoring, informasi yang diberikan, seperti pemakaian sdcard memory, CPU, dan pemakaian phone memory, semuanya dalam bentuk graphic lingkaran.

Sebagai tambahan, software ini juga menyediakan akses, seperti WiFi bluetooth, GPS, dan phone mode. Semuanya tersusun rapi dengan ikon-ikon yang representatif di menu Tools. Selain itu, saya juga menemukan beberapa hal menarik, seperti tambahan informasi mengenai perangkat Anda mulai dari platform informasi, basic hardware, sampai ke sensor informasi.

Salah satu kemampuan lain dari Android Assistant ini adalah memberikan informasi mengenai konsumsi baterai tiap aplikasi secara terpisah. Penggunaan daya ditampilkan dalam bentuk presentase angka. Dengan menekan tombol other, aplikasi ini juga menginformasikan pemakaian daya, seperti WiFi, cell idle, phone idle, dan display. Informasi tersebut dapat diakses dengan menekan tombol berlogo baterai dan bernama Battery Use.

App 2 SD yang tersedia di sini hanya mendukung Android 2.2 ke atas. Pengguna Android OS di bawah itu tidak dapat memindahkan aplikasi ke dalam memory card. Cara memindahkan aplikasi dari phone pun cukup mudah. Anda hanya perlu menekan program yang hendak dipindahkan kemudian akan terbuka setting. Tekanlah tombol “move to SD”, proses pemindahan pun berlangsung.

Batch Uninstaller yang ada di menu tools berfungsi untuk meng-uninstall software dari pihak ketiga dan tidak dapat meng-uninstall program-program bawaan dari vendor perangkat walaupun perangkat sudah di-root. Begitu pula dengan File Manager yang disediakan. Fitur tambahan ini juga tidak dapat memberikan atau melakukan editing terhadap file yang di-install dalam perangkat.

Saya menemukan sedikit kejanggalan saat melihat sebuah tombol bertulisan “remove ads”. Dengan menekan tombol ini, Anda berarti bersiap untuk menghilangkan ads atau iklan dari Android Assistant. Setelah beberapa saat mencari, saya baru menemukan komersial ads saat menekan tombol menu di perangkat. Pengembang aplikasi ini seolah-olah sangat mengerti akan ketidaksukaan pengguna terhadap keberadaan iklan yang terkadang mengganggu.

Bila Anda khawatir kehilangan aplikasi yang sudah di-install, cukup dengan menekan App Backup di menu Tools, segalanya pun akan beres. Anda tinggal memilih program yang hendak di-backup dengan cara mencentang di check box yang telah tersedia. Cara ini juga berlaku untuk me-restore berbagai software yang diinginkan.

Support

Android Assistant adalah sebuah proyek pribadi yang dikembangkan oleh seorang programmer bernama Aaron sejak tahun 2010. Bila ingin berpartisipasi dalam pengembangan proyek ini, Anda dapat mendonasikan sedikit uang melalui Paypal yang dapat diakses dari aplikasi ini melalui tombol Remove Ads. Donasi dapat dilakukan mulai dari 2 sampai 100 dolar US.

Sementara itu, bila mengalami kesulitan secara teknis saat menggunakan software ini, Anda dapat melayangkan sebuah surat elektronik ke crazymobile.wind@gmail.com. Panduan file dapat diperoleh dengan cara mengunjungi situs resminya.

Kesimpulan

Aplikasi ini lebih tepat dikatakan sebagai kumpulan tools untuk membantu Anda dalam memelihara Android device. Hampir semua utilities tambahan yang dibutuhkan berada dalam Android Assistant. Bila Anda sedang mencari sebuah freeware dengan fitur yang berlimpah dan kinerja yang dapat diandalkan untuk memaksimalkan performa perangkat Android Anda, maka aplikasi ini adalah software yang sangat tepat untuk di-install. Ayo gunakan Android Assistant sekarang juga untuk melancarkan kinerja android kesayangan anda :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar